LABUHANBATU - Dalam memperingati Hari Kartini ke-54 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu, Organisasi Wanita Labuhanbatu (OWL) yang terdiri dari Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit KCK, Bhayangkari dan organisasi perempuan lainnya melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat, Jumat (4/5/2018) pagi. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap mengatakan, Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk memotivasi generasi muda agar selalu mengenang betapa hebatnya perjuangan-perjuangan kaum perempuan dan para pahlawan-pahlawan yang terdahulu.

“Ini memang terobosan baru, mengingat perjuangan RA Kartini ini sangat luar biasa. Inilah tujuan kita membuat kegiatan ziarah untuk memotivasi generasi muda kita kedepan,” ungkapnya.

Menurut Hj. Siti Awal Pangonal Harahap, Raden Ajeng Kartini atau yang sering disebut dengan R.A Kartini adalah pelopor para kaum wanita. Raden Ajeng Kartini merupakan sejarah disaat ikut sertanya para kaum hawa di berbagai macam bidang kehidupan, baik di pemerintahan maupun non pemerintahan.

"Kita sudah tahu bahwa Raden Ajeng Kartini merupakan sosok wanita yang tangguh, sehingga tidak hanya para wanita saja yang memperingatinya, namun kaum adam pun ikut serta dalam memperingati hari Raden Ajeng Kartini ini," akunya.

Raden Ajeng Kartini merupakan sosok wanita yang berani memperjuangkan hak dari seorang wanita. Dimana hak ikut serta seorang kaum hawa di berbagai macam bidang kehidupan dan berkat jasa RA Kartini pula wanita dapat bekerja di berbagai macam bidang kehidupan.

"Dan pada tanggal 21 April selalu diperingati Hari Kartini. Dimana tanggal 21 April merupakan tanggal lahir dari Raden Ajeng Kartini, dimana beliaulah yang menjadi pelopor pergerakan kaum wanita," jelas Siti Awal Pangonal Harahap.

Selain ziarah ke makam pahlawan, Ketua Persit KCK Kodim 0209/LB Ny. Denden Sumarlin menimpali, pihaknya juga akan melaksanakan acara puncak peringatan ini pada Senin (7/5/2018) di Aula Asrama Haji Rantauprapat.

"Dalam rangka memeriahkan Hari Kartini ini juga dilaksanakan kegiatan pembacaan puisi dan berbagai perlombaan yang dilaksanakan oleh panitia, sedangkan dari Persit KCK sendiri untuk acara HUT, kami biasa mengadakan kegiatan lomba olahraga dan kemarin juga sudah dilaksanakan lomba tarian tobelo, olahraga tennis lapangan sama seni suara," jelas Ny. Denden Sumarlin.

Puncak Hari Kartini Ke-54 ini direncanakan akan dihadiri Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap bersama Unsur Forkopimda serta Kepala OPD dan para Camat se-Labuhanbatu serta berbagai organisasi wanita yang ada di daerah ini.