MEDAN - Aksi peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) akan digelar Selasa (1/5) hari ini.

Menyikapi aksi yang akan dilakukan ribuan buruh tersebut, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akan mengerahkan 2.495 personel untuk pengawalan.

"Pelaksanaan pengamanan dalam rangka May Day, Polda Sumut akan melibatkan kekuatan sebanyak 2.495 personil dengan rincian Polda Sumut 705 personil dan Satgaswil 1.790 personil," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan.

MP Nainggolan mengungkapkan bahwa jumlah personil kepolisian tersebut sudah termasuk pengamanan terhadap sejumlah objek vital yang ada di beberapa titik di Sumatera Utara. Pengamanan itu dilakukan oleh setiap jajaran Polres.

"Pengamanan terhadap objek vital tersebut sudah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Karenanya, pengamanan tetap akan dilaksanakan kendati ada atau tidak adanya digelar peringatan May Day," ungkapnya.

Agar Sumut tetap aman ketika peringatan May Day, MP Nainggolan mengimbau agar May Day yang telah ditetapkan sebagai hari libur nasional dapat diperingati secara kondusif dengan kegiatan-kegiatan positif.

"Dalam aksi May Day nanti, buruh bisa melakukan kegiatan positif seperti fun day. Misalnya, mengisi dengan kegiatan olahraga, seni maupun hal positif lainnya yang sifatnya mengedepankan kebersamaan. Kita berharap pelaksanaan aksi May Day nanti bisa tetap berjalan aman dan kondusif," pungkasnya.***