MEDAN - Festival Kewirausahaan ke-7 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI), yang digelar di Focal Point Medan, Sabtu dan Minggu (28 dan 29 April 2018) berlangsung sukses.

     Acara tersebut dihadiri, Anggota DPR RI  dr Sofyan Tan, Koordinator Kopertis Wilayah I diwakili Kabid Kemahasiswaan dan Ketenagaan, Herianto SSos, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn,  Penasehat UNPRI Dr RE Nainggolan MM, Rektor UNPRI Dr.Chrismis Novalinda Ginting MKes, Wakil Rektor (WR) I Seno Aji SPd MEng Prac, WR III Said Rizal SH MA, WR IV dr Alinapiah Nasution MKT, Dekan Fakultas Ekonomi UNPRI, Cut Fitri Rostina SE MM, dan Wakil Dekan FE UNPRI Dr Henry SE MM.

Pada kegiatan yang diikuti mahasiswa dan siswa SMA/SMK tersebut, Sofyan Tan mengaku bangga Fakultas Ekonomi UNPRI mampu mencetak lulusan yang pintar berbisnis.

    “Saya bangga Fakultas Ekonomi UNPRI mampu menjawab tantangan jaman dengan menghasilkan lulusan yang prima berdagang. Seharusnya pendidikan kita meniru upaya Fakultas Ekonomi UNPRI yang mengarahkan lulusannya menjadi enterpreneur, supaya kita tidak hanya jadi penonton kedepan. Upaya ini sangat tepat," katanya.

  Dia mencontohkan, kalau mahasiswa FE UNPRI tersebut mampu membuka usaha dengan menyerap tenaga.

      "Berapa lulusan fakultas ekonomi di Indonesia kalau meniru cara yang sama, pengangguran bisa ditekan dan ekonomi Indonesia akan tumbuh dengan baik,” tegasnya.

    Sebelumnya, Koordinator Kopertis Wilayah I diwakili Kabid Kemahasiswaan dan Ketenagaan, Herianto SSos, menyambut positif kegiatan yang dilakukan FE UNPRI.

     Sebab menurutnya, mengembangkan jiwa enterpreneur merupakan langkah tepat bagi mahasiswa, sehingga kelak ketika sudah lulus bisa membuka usaha baru.

    
Rektor UNPRI, Dr.Chrismis Novalinda Ginting MKes, menyambut gembira kegiatan yang dilakukan FE UNPRI, dan meminta melanjutkannya di masa yang akan datang. ”Mahasiswa sebagai agent of changes, seharusnya melakukan perubahan kearah yang lebih baik, perubahan baru yang lebih membawa manfaat, dan menjadi lulusan yang peduli lingkungan di sekitar," ungkapnya.

     Ketua Pelaksana yang juga Dekan FE UNPRI, Cut Fitri Rostina SE MM, mengatakan pihaknya menggelar Festival Kewirausahaan ke-7 tahun ini bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa dan siswa SMA/SMK, bagaimana cara memulai bisnis, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, dan berharap peserta mampu menciptakan bisnis baru.

  Cut Fitri menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti 50 stand, dimana pesertanya adalah mahasiswa FE UNPRI, SMA Kemala Bayangkari 1 Medan, SMA Negeri 1 Labuhan Deli, SMA/SMK Pangeran Antasari, SMA Global Prima, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 2 Medan, SMA Trisakti Medan, SMA Sutomo 1 Medan.

     Pantauan wartawan, begitu acara dibuka, pengunjung langsung ‘menyerbu’ penjualan voucher, sehingga bisa melakukan transaksi di sejumlah stand yang ada. Pengunjung mall, mahasiswa, siswa SMA/SMA tampak antusias hingga mereka berdesak-desakan mengunjungi stand satu per satu.

  Sementara itu, ditempat terpisah Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Minggu(29/4) menambahkan kegiatan ini dapat menumbuh dan mengembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

     Tommy menyatakan, sangat mendukung kegiatan FE UNPRI dalam mengembangkan jiwa enterpreneur pada  mahasiswa.

     "Dukungan perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa," kata Tommy Leonard.

Menurut tokoh pendidikan Sumut ini, semakin banyak orang yang mempelajari kewirausahaan maka akan semakin besar pula peluang bermunculannya wirausahawan-wirausahawan baru, yang dapat memberikan kontribusi sangat positif bagi bangsa terutama dalam bidang perekonomian. ***