MEDAN - Sebanyak 137 Kontestan bertarung menjadi yang terbaik di ajang Festival custom culture terbesar di Indonesia, Suryanation Motorland yang  kembali hadir di kota Medan yang berlangsung di Lapangan MMTC.

Acara ini merupakan merupakan seri kedua dari rangkaian acara Suryanation Motorland Battle yang akan diadakan di 7 kota. Sebelumnya di Kota Palembang.

Nah, untuk menentukan motor terbaik di setiap kelas dan kategori akan ditentukan oleh juri juri yang sudah memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi seperti Indra Pranajaya (Razzle Dazzle Chopper Works Bandung), Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycle Yogyakarta dan Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes Jakarta).

“Medan merupakan salah satu kota di Pulau Sumatera yang memiliki kultur roda dua yang sangat kuat karena sejarahnya. Kehadiran acara seperti Suryanation Motorland ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan berkompetisi builder lokal disini sehingga bisa bersaing dengan builder di kota lain" tambah Indra Pranajaya, salah satu juri nasional yang biasa disapa dengan nama Indra Bluesmann.

Sementara itu Bimo Hendrawan dan Lulut Wahyudi menambahkan, adanya perkembangan dari sisi kualitas peserta yang ikut di seri pertama Palembang sehingga diharapkan di seri kedua Medan ini persaingan juga menjadi lebih ketat.

“Acara ini membangkitkan gairah anak Indonesia, di mana hasilkan karya anak Indoneaia tahun 2018 ini meningkat hampir 85% jauh dari tahun sebelumnya. Sebanyak 137 kontestan yang mengikuti ajang ini, padahal untuk diformulir pedaftaran hampir 160 kontestan. Namun, karena masih terkendala kesiapan sebgaian gugur dan hanya 137 saja yang terpilih. Kalau tahun 2017 lalu hanya 140 saja dan ini jelas terlihat  banyak antusias,” terangnya.

Lanjutnya, tak hanya costum bike contest saja dalam event ini juga mengajarkan untuk memanage garage. Bagaimana mengatur  bengkel agar lebih maju. “Jadi tidak hanya soal modifikasi motor tapi mengatur bengkel juga,” ujarnya.

Rombongan ini berkunjung ke beberapa tempat bersejarah di Banda Aceh seperti Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman dan juga bertemu dengan komunitas lokal di Banda Aceh. Perjalanan Suryanation Ride juga melalui beberapa kota seperti Pantai Pasii Aceh Besar, Meulaboh, Blang Pidie serta wilayah Sidikalang, Simalem sebelum tiba di Kota Medan.

Tidak hanya itu, pengunjung yang ingin menjadi bagian custom culture juga bisa membeli berbagai apparel produk seperti kaos, jaket, helm dan juga sarung tangan di booth Tigrehood yang akan membawa berbagai produk khas anak motor.

Kehadiran band Gugun Blues Shelter dan Bondan Prakoso juga akan menambah keseruan pengunjung yang datang ke Lapangan MMTC.

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini kehadiran Suryanation Motorland Battle di Medan sudah dimulai melalui kegiatan Suryanation Ride yang sudah memulai perjalanan dari kota Banda Aceh bersama dengan selebriti Bucek Depp, builder dari Yasashii Garage Bandung Franky Mory dan juga dua pemenang kuis sosial media Instagram di Medan yaitu Indra Lutfi dan Epri Joe. ***