TENGGARONG – Grafik naik turun tengah dilalui oleh Mitra Kukar FC di lima pekan Liga 1 2018. Tidak ayal jika kemudian posisi Mitra Kukar di klasemen juga belum memuaskan. Dari lima pertandingan yang sudah dilalui, Bayu Pradana dan kawan-kawan baru memetik empat poin saja.
Torehan poin yang ada saat ini membuat Mitra Kukar sementara harus puas ada di peringkat ke-15 dari 18 kontestan. Tentunya ini ada posisi yang memprihatinkan meski sebenarnya kompetisi masih sangat panjang.

Namun jika tidak segera bangkit, bukan tidak mungkin jurang degradasi akan menyapa tim berjuluk Naga Mekes ini. Satu kemenangan, sekali imbang dan tiga kekalahan adalah hasil yang jauh dari kata memuaskan. Tak heran jika Mitra Kukar bertekad tak mau lagi terpeleset dengan tanpa poin, khususnya saat bermain di kandang di Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Pekan keenam pada Minggu (29/4/2018) mendatang, Mitra Kukar akan tampil dihadapan publik sendiri. Mereka akan menjamu Persebaya Surabaya. Sang lawan hadir di Tenggarong nanti juga dengan semangat bangkit usai ditahan imbang tamunya, Sriwijaya FC pada pekan kelima di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Jika mengacu pada klasemen sementara, Persebaya bukannlah lawan yang ringan. Saat ini tim kebanggaan warga Surabaya itu ada di posisi ke-6 dengan mengoleksi 8 poin. Artinya, sinyal bahaya juga sudah menyala di kubu Mitra Kukar.

Lini belakang nampaknya wajib menjadi perhatian tim dengan warna kebesaran kuning ini. Pasalnya dari lima pekan, gawang Mitra Kukar sudah kebobolan sebanyak delapan gol. Jika tak ingin bertambah, tim asuhan pelatih Rafael Berges Marin wajib bermain ekstra kerja keras lagi.

"Kami sudah sepakat dengan pemain. Kami tidak boleh lagi terpeselet khususnya di kandang. Pemain harus lebih fokus dan konsentrasi lagi khususnya saat menyambut bola set piece lawan," tegas asisten pelatih Mitra Kukar, Sukardi Kardok di Tenggarong, Kalimantan Timur, Rabu (25/4/2018). ***