PALAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas akan menggelar debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Palas, Minggu (29/4/2018) di Hotel Emerald Garfen, Jalan Yos Sudarso Medan. Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Amran Pulungan mengatakan, debat kandidat ini mengangkat tema pelayanan publik dan peningkatan partisipasi masyarakat serta pertumbuhan ekononomi dan penanggulangan kemiskinan.

"Debat akan dilaksanakan off air pukul 15.00 dan on air pada pukul 16.00 dengan 4 segmen," kata Amran, Jumat (27/4/2018).

Dikatakannya, tema debat itu didapat dari hasil diskusi antara panelis, moderator dan KPU.
"Tema ini bermakna luas, dan diharapkan para kandidat akan memberikan pemaparannya dengan lugas," ungkapnya.

Moderator debat nantinya akan dipandu Desvita Bionda dari iNews TV, sementara panelis sendiri dari pihak akademisi.

Bagi pendukung dan tim, masing-masing pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Palas akan dibatasi yakni sebanyak 25 orang.

"Karena aula gedung terbatas, maka kami dari KPU hanya membatasi sebanyak 350 orang saja. Setiap paslon hanya membawa 25 orang tim pendukung, dan masyarakat yang hadir didebat kandidat nantinya," tegas Amran.

Dalam debat nanti, akan dibagi enam sesi yaitu sesi pertama pembukaan, sesi kedua pemaparan visi dan misi, sesi ketiga pendalaman visi dan misi, sesi keempat pertanyaan dan sanggahan dari masing-masing Calon Bupati Palas, sesi kelima yakni pertanyaan dan sanggahan dari masing-masing Wakil Calon Bupati dan sesi keenam closing (penutupan).

Amran juga menambahkan, tim pendukung paslon Bupati tidak boleh membawa Alat Peraga Kampanye (APK) seperti spanduk, poster dan umbul-umbul, namun bisa menggunakan kostum dan nomor paslon masing-masing.

Ia berharap, para kandidat paslon Bupati dan Wakil Bupati menguasai tema dan visi misinya masing-masing pada saat berlangsungnya debat terbuka nantinya.