MEDAN - Pasca terpilihnya Sumatera Utara sebagai tuan rumah bersama Provinsi Aceh, masyarakat Sumut menyambut hangat semangat calon Gubernur Edy Rahmayadi untuk memenuhi kebutuhan sebagai daerah pelaksanaan PON 2024. Sekretaris Umum PSMS, Julius Raja sangat yakin jika Edy Rahmayadi jadi Gubsu maka persoalan olahraga di Sumut akan beres.

"Pertama kita harus doakan Pak Edy jadi Gubsu. Saya yakin di tangan dia olahraga Sumut akan bangkit. Apalagi PON 2024 sudah pasti digelar di Sumut, ini butuh pemimpin tegas untuk memastikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk PON terbangun," katanya, Rabu (25/4/2018).

Keyakinan Julius Raja ini bukan tanpa alasan. Kata dia, PSMS pun saat ini bangkit dan bisa berlaga di Liga 1, sebab usaha dari Edy Rahmayadi.

"Soal stadion utama yang akan dibangun di Kualanamu warga Sumut sangat mendukung dan yakin jika pak Edy jadi Gubsu, maka hal itu akan terwujud. Beliau orang yang berkomitmen dan tidak pernah berbohong atas janjinya," kata Julius Raja.

Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, nyatanya Sumatera Utara tak punya fasilitas olahraga yang bisa dibanggakan. Termasuk stadion sepak bola.

Tak dipungkiri, di beberapa daerah memang ada beberapa stadion, namun tak ada yang layak untuk menggelar even berskala nasional apalagi internasional.

Sebagai sosok yang peduli olahraga, Edy Rahmayadi bertekad akan membangun stadion utama berskala internasional demi mensukseskan even Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang sudah diputuskan akan digelar di Sumut dan Aceh.

Ada beberapa kandidat tempat untuk dibangunnya stadion utama. Di antaranya di kawasan Kualanamu. Selain masih banyak lahan di kawasan tersebut, faktor dekatnya bandara internasional kualanamu menjadi nilai lebih.

Niat Edy membangun stadion utama dan fasilitas olahraga lainnya di Sumut, tak lain adalah komitmennya untuk membangun Sumut. Sudah sejak lama Edy sedih dengan minimnya prestasi yang ditorehkan Sumut, utamanya di bidang olahraga.

Edy pun menegaskan, jika dia terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara, dia berkomitmen untuk membangun sarana dan prasarana olahraga sesuai dengan kebutuhan.

“Pemerintah sudah menyiapkan lahan di daerah Kualanamu seluas 100 hektar untuk sport centre. Di sana, direncanakan dibangun stadion utama yang setara minimal sama dengan Stadion Utama Gedebage Jawa Barat,” katanya.

Lantas bagaimana soal anggarannya? Menurut Edy untuk PON 2024, pemerintahan provinsi Sumut sudah meletakkannya dalam RPJMP dan RPJMD. Artinya, proyeksi anggaran sudah ada.

“Tinggal bagaimana mana Gubernur baru nanti konsisten menampungnya selama 4 tahun sejumlah total Rp3,3 triliun. Saya akan siapkan, jika warga Sumut berkenan. Yakinlah, saya kembali ke sini untuk membangun Sumut yang kita cintai dan banggakan ini,” yakinnya.

Sumut pernah sekali jadi tuan rumah PON yakni pada 1953 silam. Saat itu, pembangunan fasilitas pendukung dibangun beberapa tahun sebelumnya. Termasuk Stadion Teladan di Medan yang dibangun pada 1950.*