MALANG - Arema FC membutuhkan perjuangan ekstra untuk bisa bangkit pada laga pekan ke-6 Liga 1 2018. Apalagi, mereka akan menjamu Klub Persipura Jayapura di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (27/4/2018). Ya, beban Arema memang sangat berat jika dilihat dari lima pertandingan terakhir dimana Tim berjuluk Singo Edan ini tak sekalipun memetik kemenangan. Alhasil, mereka terpuruk di dasar klasemen sementara dengan raihan dua poin.

Memang tidak mudah bagi Arema FC bisa memetik kemenangan melawan Persipura. Karena saat ini, Tim Mutiara Hitam itu belum pernah dikalahkan lawan-lawannya dan mampu bertengger di puncak klasemen.

"Persipura belum terkalahkan. Jelas itu adalah bukti Persipura tim yang sangat kuat. Tapi, di Indonesia tidak ada klub yang tak bisa dikalahkan," ujar pelatih Arema FC, Joko Susilo.

Sayangnya, pada laga penting seperti ini Arema FC kehilangan dua pemain andalannya, Hanif Sjahbandi dan Bagas Adi Nugroho. Keduanya bergabung dengan tim nasional Indonesia U-23.

Untuk mengakali hal tersebut, Arema FC mencoba melakukan rotasi. Dalam latihan beberapa hari belakangan, sejumlah nama yang jarang bermain, seperti Muhammad Rafli, diuji kemampuannya.

"Semua ada kemungkinan untuk bermain. Skenario A, B, dan C, akan kita coba. Jika ada alternatif lain juga akan kita coba," tutur pelatih yang akrab disapa Gethuk itu.

Asisten pelatih Persipura, Tony Ho, menegaskan takkan ada anggapan remeh kepada Arema FC dari anak asuhnya. Bagi mereka, Singo Edan bisa saja tampil mengejutkan dengan potensi yang dimiliki.

"Arema punya potensi membuat kami kesulitan, jadi tidak bisa dipandang remeh. Peringkat tidak bisa dijadikan ukuran," kata Tony.

Perkiraan Susunan Pemain:

Arema FC (4-4-2): Utam Rusdiana, Israel Wamiau, Purwaka Yudi, Arthur Cunha, Johan Alfarizi, Hendro Siswanto, Juan Revi, Balsa Bozovic, Ahmet Atayev;
Thiago Furtuoso, Dendi Santoso.

Pelatih: Joko Susilo

Cadangan: Kurniawan Kartike Ajie, Ricky Akbar Ohorella, Ridwan Tawainela, Muhammad Rafli, Syaiful Indra, Mochamad Zaenuri, Dedik Setiawan

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman, Boas Artururi, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Hilton Moreira, Boaz Solossa, Marcel Sacramento, Gunansar Mandowen.

Pelatih: Peter Butler

Cadangan: Fitrul Dwi Rustapa, Abdoulaye Youssouf Maiga, Andri Ibo, Prisca Womsiwor, Marsel Kararbo, Rivaldo Albert Ferre, Ronaldo Rubener Wanma

Pertemuan Terakhir:

29/10/2017 - Persipura 3-1 Arema FC (Liga 1)

16/7/2017 - Arema FC 0-2 Persipura (Liga 1)

24/10/2016 - Persipura 2-0 Arema FC (ISC)

26/6/2016 - Arema FC 0-0 Persipura (ISC) ***