SAMOSIR - Setelah melewati berbagai daerah dari Danau Tondano di Sulawesi Utara, Obor Paskah Raya Nasional akhirnya tiba di Danau Toba tepatnya di Kabupaten Samosir, Kamis (26/4/2018) siang. Menggunakan kapal penyeberangan Ferry jurusan Tiga Ras-Simanindo, setelah sehari sebelumnya berada di Kabupaten Simalungun, rombongan pembawa Obor Paskah disambut Pemerintah Kabupaten Samosir mulai Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan jajarannya serta tokoh masyarakat.

Setelah acara ceremonial penyambutan dilakukan, selanjutnya Obor Paskah Raya Nasional diarak menuju ke Perkampungan Batak di Desa Sigulatti di Kecamatan Sianjur Mula-Mula.

Menariknya, sepanjang jalan menuju Desa Sigulatti, rombongan disambut ratusan masyarakat yang berdiri disepanjang jalan sambil menari tortor Batak dengan mengenakan ulos Batak.

Tidak hanya orang tua, para pelajar juga menari tortor sambil menyambut rombongan obor Paskah melintas.

Sekedar mengingatkan, Perayaan Paskah Tahun 2018 menjadi momentum perdamaian dan kerukunan antar suku dan umat beragama di Indonesia.

Hal ini disampaikan panitia Paskah Nasional saat bersilaturahmi dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rabu 21 Februari kemarin di Jakarta.

Panitia Paskah Nasional dan daerah sepakat menggelar Kirab Obor Paskah Nasional, disingkat KOPAS yang akan berlangsung selama 40 hari dengan melewati tiga pulau dan 26 kota, dimulai dari 18 Maret hingga 25 April.

Kirab Obor Paskah Nasional (KOPAS) yang akan melintasi 3 Pulau, yang dibagi menjadi 3 etape yakni, Etape pertama dimulai dari Pulau Sulawesi, Kopas telah Kota Tondano, Manado, Amurang, Gorontalo, Tentena, Palu, Toraja dan Makassar, dari tanggal 18 Maret dan berakhir tanggal 25 Maret 2018.

Kemudian Etape kedua KOPAS di Pulau Jawa, dimulai pada tanggal 25 Maret dan berakhir tanggal 1 April telah melintas di Kota Surabaya, Malang, Jogja, Bandung dan terakhir di Jakarta.

Dan sekarang memasuki Etape di Pulau Sumatera, KOPAS akan menyusuri Kota Merak, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Padang Sidempuan, Tarutung, Dolok Sanggul, Pangururan, Sidikalang, Salak, Kabanjahe, Medan, Pematang Siantar, Parapat dan terakhir di Kota Balige, Toba Samosir.