Warga Tajikistan Siap Ramaikan Asian Games OCA Fun Run

Warga Tajikistan Siap Ramaikan Asian Games OCA Fun Run
Rabu, 25 April 2018 17:37 WIB
Penulis: Azhari Nasution
DUSHANBE - Masyarakat Tajikistan dikenal mencintai segala hal yang berhubungan dengan lomba lari dan juga  marathon. Bahkan, sejak tahun 2006, Tajikistan menetapkan setiap Sabtu Minggu ketiga bulan Mei sebagai "National Day of Run".Selain juga menjadikan setiap akhir pekan sebagai hari olahraga, Tajikistan juga sering menggelar event-event lari bertaraf internasional. Terakhir, pekan lalu, Tajikistan menyelenggrakan "6th Dushanbe International Half-Marathon" yang diikuti para peserta dari 12 negara.

"Atas alasan itulah, saya pribadi dan juga mewakili masyarakat Tajikistan antusias menyambut 2018 Asian Games OCA Fun Run yang digelar di negeri kami. Terlebih tujuan dari Fun Run adalah untuk melibatkan setiap warga secara bersama sama meningkatkan pengetahuan dan pendidikan, beralih pada kehidupan yang sehat. Dan yang terpenting adalah mendukung semangat Olympism bersamaan dengan semangat Energy of Asia," ujar Abdullozoda Ahtam Rustam, Menteri Olahraga dan Pemuda Tajikistan saat jumpa pers di Komite Olimpiade Tajikistan di Dushanbe, Selasa (24/4/2018).

Meski baru mengikuti Asian Games di Hiroshima, Jepang, tahun 1994, prestasi olahraga Tajikistan cukup membanggakan. Hingga Asian Games 2014 lalu, mereka telah mengoleksi 21 keping medali, termasuk empat medali emas serta memiliki atlet lontar martil andalan, Dilshod Nazarov yang telah menyumbangkan tiga medali emas di tiga Asian Games terakhir. Dilshod juga jadi peraih medali emas pertama bagi negerinya di Olimpiade Rio 2016 lalu.

Ads
Hadir dalam jumpa pers tersebut, Krisna Bayu yang mewakili Komite Olimpiade Indonesia dan Elena Chakarova, Sekretaris OCA (Dewan Olimpiade Asia). Dalam kesempatan itu, Krisna Baru mengharapkan, kegiatan Fun Run untuk mempromosikan Asian Games 2018 akan membuat semakin banyak bangsa Tajikistan mengenal Indonesia dan mempererat hubungan kedua negara dalam semangat persahabatan dan sportifitas.

Fun Run yang akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda dan Olahraga,  Bogi Jawonon Garden, di tengah kota Dushanbe, Rabu (25/4) dan akan diikuti tak kurang dari 1.200 peserta. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Gonews Group, Umum, Olahraga
wwwwww