PALAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas telah mempersiapkan surat suara bagi pemilih pada pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018. Persiapan logistik pemilu terkait kertas suara bagi pemilih akan disiapkan sebanyak 159.928 kertas suara dengan rincian surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) 156.027 ditambah 2,5 persen dari DPT sebanyak 3.901.

Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay melalui Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan Rahmat Efendi Siregar mengatakan, selain surat suara, alat kelengkapan lainnya seperti segel akan dipersiapkan sebanyak 13.566 keping hologram sebanyak 1.796 keping, tinta sidik jari sebanyak 898 botol serta kotak dan bilik suara.

Dikatakan, alat kelengkalan di TPS juga akan dipersiapkan seperti, Formulir, alat coblos, tanda pengenal KPPS/Saksi, gambar paslon dan visi misinya serta denah TPS.

Rahmat menjelaskan, saat ini pihak KPU Palas, tengah merekap Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen surat suara untuk keperluan pencoblos bagi pemilih, saat pilkada serentak berlangsung.

"KPU juga telah menetapkan DPT 156.027 pemilih yang akan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya di pilkada nantinya," terangnya

Selain mempersiapkan alat peraga pencoblosan seperti surat suara, KPU juga rutin menggelar sosialisasi kepada para pemilih pemula. Hal itu dilakukan agar meningkatkan partisipasi pemilih, pada pemilukada dan Pilgubsu 27 Juni 2018, untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilih atau mencoblos.

“Insya Allah April ini, segala persiapan yang menjadi kebutuhan logistik pemilu sudah dapat rampung, paling lambat Mei sudah kita terima untuk dijadikan persiapan menyosong Pilkada Juni 2018 mendatang,” tandasnya.