PALAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapaten Padang Lawas menggelar seni budaya 1 tahun menyongsong pemilu serentak 2019, Sabtu (21/4/2018) di Lapangan Merdeka Sibuhuan. Kegiatan yang diisi dengan pementasan tari kreasi dan tor-tor ini dibawakan kalangan pelajar dari sangar seni budaya serta jigle pemilu yang diputar untuk didengar bersama, diselingi pengambilan nomor lucky draw bagi peserta yang beruntung.

Melalui tema pagelaran seni budaya membangun pemilih berdaulat guna menyukseskan pemilu serentak 2019, dihadiri Sekda Palas Arpan Nasution, Ketua Panwaslih Abdul Rahman dan Komisioner, Kewbang Linmas, Dandim diwakili Danramil 08 Barumun Kapten Inf. Fahri Batubara,Kapolres Tapsel diwakili Ipda P. Tampubolon, Pimpinan OKP, Tim Sukses Paslon, Pimpinan OPD, Pengurus Parpol, dan Ketua dan anggota PPK se Kabupaten Palas serta Pemilih Pemula dari sejumlah sekolah.

Ketua Panitia Darwin Saleh yang juga Sekretaris KPU Palas mengatakan, kegiatan pagelaran seni budaya ini bertujuan untuk menyosialisasi pemilu serentak, pemilihan DPD, DPR dan Pilpres yang ditetapkan partai peserta pemilu 16 yang ada di kabupaten 15 Partai.

"KPU Palas menyosialisasikan partai sebagai peserta pemilu tahun 2019 yang ada sebanyak 15 partai," katanya.

Ketua KPU diwakili Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Amran Pulungan mengatakan, agenda nasional dengan tujuan menyosialisasikan partai-partai peserta pemilu.

"Menyosialisasi dapat menggunakan suket di pilkada, tapi untuk pemiliu 2019 harus e-KTP. Mari kita melakukan perekaman, karena 17 April 2019 tidak berlaku suket lagi," tegasnya.

Sekda Palas Arpan Nasution mengajak masyarakat dapat mengunakan hak pilih dalam menyukseskan pesta demokrasi. Dia juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan menjaga kekondusifan daerah secara bersama sebagaimana daerah ini dikenal kental dengam nilai budaya dan persaudaraan.

"Mari kita bangun kekondusifan Pilkada, Pilgubsu dan Pemilu dengan kegembiraan sebagai bentuk pesta rakyat dengan iklim yang kondusif dalam mewujudkan pemilu yang bermartabat dan jurdil," pintanya.