MEDAN - Dalam silaturahmi dengan keluarga Kesultanan Deli di Istana Maimun, Rabu (18/4/2018), Djarot Saiful Hidayat berkeinginan mendalami istana yang menjadi ikon Kota Medan dan Sumatera Utara tersebut untuk bisa direvitalisasi.

‘’Kita akan melibatkan para arkeolog dan para arsitek yang terbaik untuk menata kawasan ini, terutama lingkungannya. Dengan itu maka akar budaya Melayu, khususnya yang dibawa Kesultanan Deli bisa dilestarikan dan diketahui warga masyarakat,’’ tutur Djarot.

Seperti tariannya luar biasa, oleh sebab itu Djarot berkesempatan berembuk dengan pengurus Yayasan Sultan Makmun Al Rasyid yang mengelola Istana Maimun, bagaimana untuk merevitalisasi kembali, karena selama ini Kesultanan Deli belum pernah direvitalisasi secara total.

"Belum pernah. Padahal ini merupakan heritage, ini cagar budaya yang menjadi kebanggaan kita semua. Kini menjadi objek wisata utama di Kota Medan. Jangan pernah merasa datang ke Medan sebelum mengunjungi Istana Maimun dan shalat di Masjid Raya yang sangat indah,’’ ucap Djarot.***