MEDAN - Menjaga kestabilan harga dan pasokan pangan ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota Kementrian Perdagangan (Kemendag) Gelar Rapat Kordinasi ‎Stabilisasi Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Bulan Puasa dan Lebaran 2018, yang dilaksanakan di ruang rapat Gedung Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut, Selasa (17/4/2018). Kedatangan Kemendag ini memastikan pasokan pangan aman dan harga komiditi pangan yang terus dilakukan serta penekanan harga untuk mencapai harga yang normal saat Bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 2018 ini.

"Menteri Perdagangan menugaskan seluruh eleson I untuk melakukan rapat kordinasi, untuk mendengarkan apa saja didaerah itu‎ (keluhan) di Kabupaten/Kota. Kemudian, menyampaikan kebijakan apa harus dilakukan untuk didaerah. Khusus beras Menteri Perdagangan menugaskan Bulog untuk meglotorkan dan menyuplai beras sampai perdaganga pasar," kata Sekretaris Jendral Kemeterian Perdagangan, Karyanto Suprih kepada wartawan di Medan.

Dengan itu, Kementerian Perdagangan menginstruksi ke Bulog seluruh Indonesia untuk menyuplai kebutuhan masyarakat berapa itu jumlahnya. Karyanto mengungkapkan khusus untuk beras. Baik itu, beras impor maupun beras lokal.

"Untuk stok beras saya kurang ingat. Pada prinsipnya Bulog tidak boleh kekurangan pasokan, terutama beras. Karena, Bulog sebagai pendistributor," jelas Karyanto.

Selain itu, Pemerintah juga fokus menekan harga daging. Untuk solusinya, pemerintah melakukan impor daging kerbau beku secara nasional, dengan stok mencapai 100 ribu.

"Begitu juga ditingkat pedagang harus juga menyediakan daging beku, termasuk ritel modern juga harus menyediakan maksimum Rp 80 ribu. Kalau kurang kita pasok (impor) lagi," ungkapnya.

Dia menambahkan untuk komiditi pangan lain, harus dijaga harganya dan jangan sampai saat hari keagamaan naik. Akibatnya, masyarakat mengalami kesulitan untuk memehuni kebutuhan konsumsinya sehari-hari.

"Saat ini minyak goreng Rp 12.500 dan minyak goreng kemasan Rp 11 ribu. Kemudian, Gula jual diatas Rp Rp 12.500 kita sikat dan tidak boleh itu‎. Semua stok itu, ada di bulog," pungkasnya.