MEDAN - Dalam hal pemberitaan maupun tulisan terkait pemberdayaan perempuan di Sumatera Utara (Sumut), Wanita Penulis Indonesia (WPI) bisa bersinergi dengan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumut. Dalam audiensi WPI Sumut ke BKOW Sumut, Ketua WPI Sumut, Anita Kencanawati menyebutkan, organisasi ini berpusat di Jakarta dengan Ketua Umum Dr Free Hearty yang berdiri tahun 1983 oleh para penulis handal seperti La Rose, Titi Said maupun artis Titiek Puspa, organisasi ini telah bergabung dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) sebagai induk organisasi wanita di Indonesia.

WPI Sumut, kata Anita, memiliki berbagai program kerja yang bertujuan untuk membangun semangat literasi masyarakat dari berbagai kalangan,terutama kaum perempuan agar semakin cerdas, bermartabat dan bisa menjadi penyampai pesan efektif untuk keluarga maupun tetangga setelah mendapatkan informasi.

"Kami juga berencana untuk mengadakan pelatihan menulis untuk berbagai kaum ibu, guna mengasah kemampuan yang dimiliki," katanya sembari menyebutkan menulis memberi banyak manfaat bagi setiap orang, Selasa (17/4/2018).

Ketua Umum BKOW, Hj Kemalawati menyambut baik kedatangan WPI ke kantornya. Dia berharap akan ada sinergi untuk meningkatkan pemberitaan dan penulisan tentang perempuan, agar bisa terpublikasi.

"Memang media sebagai sarana penyebaran informasi tetap diperlukan masyarakat, karenanya pengurus WPI yang juga aktivitasnya sebagai jurnalis bisa menyebarkan informasi melalui media masing-masing. Sehingga keberadaan perempuan yang perlu dukungan berbagai pihak akan terekspos," kata Kemalawati.

Kemalawati juga berharap WPI menjadi organisasi yang bisa diandalkan dalam rangka mencerdaskan perempuan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Audiensi ini juga dihadiri Sekretaris Anum Saskia, Bendahara Elviani Tanjung. Mereka diterima Ketua Umum BKOW Sumut Hj Kemalawati, Sekretaris Hj Risnawati serta pengurus lainya.