MEDAN - Masyarakat Adat Melayu Pantai Timur dari mulai Langkat di Utara hingga Kotapinang di selatan Sumatera Utara, mendeklarasikan diri mendukung pasangan Cagubsu Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) di Istana Maimun, Sabtu (14/4/2018) kemarin malam. Masyarakat Adat Melayu ini terdiri dari para Sultan, Datok, Cerdik Cendikia Melayu, Ormas Melayu dan komunitas melayu. Pembacaan ikrar deklarasi sendiri dibacakan oleh yang dipertuankan Sultan Kualuh, Tengku Zainul Abidin Al-Haji yang diikuti seluruh hadirin.

Turut hadir Sultan Serdang diwakili Datuk Ramunia, Raja Muda Kesultanan Asahan Tengku Syahreza, Kesultanan Deli diwakili Tengku Erfan Al Rasyid, Kesultanan Langkat, Laskar Melayu T Zulfakas dan zuriat Kotapinang, Panai dan Bilah.

Adapun Piagam Deklarasi  yang dibacakan berbunyi, pertama, Masyarakat Adat Melayu Pantai Timur mendukung pasangan Eramas pada Pilgubsu periode 2018-2023.

Kedua, ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan pasangan Eramas terhadap masyarakat luas dimana pun berada dengan melakukan berbagai upaya semaksimal mungkin.

"Lalu yag ketiga bersedia memantau dan mengawasi pada tiap TPS di sekitar kita, serta dapat melakukan upaya persuasif agar menngurangi angka Golput,” ujar Tengku Zainul.

Lalu yang ke empat, lanjutnya menjaga dan mematuhi pertauran yang ditetapkan KPU di dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi.

"Dan ke lima terus berdoa dan bekerja keras. Semoga Allah SWT meridhoi pekerjaan kita yang tulus,” ujarnya.

Usai pembacaan ikrar, piagam tersebut langsung diserahkan kepada Sekretaris Forum Relawan Pemenangan Eramas, Harmein Ginting sebagai bukti dukungan. Sebelum pembacaan ikrar, Tokoh Cendikia Melayu  dan Penggagas Kemajuan Pantai Timur Sumut Syarifuddin Siba dalam sambutannya mengajak masyarakat Melayu untuk memperjuangkan kemenangan Eramas.

“Sudah menjadi  kewajiban kita mendukung pasangan Eramas. Coba lihat Edy Rahmayadi, dia adalah Letnand Jendral yang meninggalkan jabatan Pangkostrad, hanya  demi Sumut. Dia mau mengorbankan statusnya, hanya demi masyakarat Sumut,  mana  ada lagi pemimpin di Sumut seperti beliau,” ujarnya.

Tokoh Masyarakat Melayu Pantai Timur, Syarifuddin Siba, pasangan Eramas merupakan putra terbaik Melayu dan Sumut. Masyarakat  Melayu juga identik  dengan Islam.

"Jadi kita tak boleh macam macam lagi dan menyimpang dari garis ini, kita harus memilih Eramas sesuai dengan syariat Islam dalam hal memilih pemimpin. Jika ada saudara-saudara melayu kita yang menyimpang mari sama sama kita berusaha mengiigatkan,” ungkapnya.

Untuk itu kata, Syarifuddin Siba, mari   sama sama memenangkan Eramas,  karena kemenangannya sangat menentukan nasib Sumut lima tahun  depan.

“Kita butuh pemimpin yang tegas, dan bermartabat yang menginginkan  Sumut yang lebih baik. Pilih lah Eramas, ini terkait akidah dunia dan akhirat. Semoga Melayu semakin berjaya  dan Sumut Bermartabat,’’ katanya.

Ditambahkanya, Edy Rahmayadi juga memiliki cita-cita yang tinggi terhadap kemajuan Masyarakat Melayu, dulunya masyarakat Melayu pernah melakukan  Kongres yang sisinya berisi point-point penting salah satu nya terkait  dunia pendidikan dan ekonomi.

“Kita sudah kasih laporan itu kepada gubernur sebelumnya namun belum digubris. Namun saat saya sampaikan itu kepada Edy Rahmayadi, dia bertekad nantinya akan membuat taman seluas 40 H untuk pusat agama, budaya dan ekonomi sesuai dengan isi kongres itu," ujarnya.

“Saya tidak tahu apa jadinya nasib masyarakat Melayu jika ia tidak terpilih. Kalau sampai ia gagal siapa lagi yang akan meneruskan cita-cita itu. Karena itu kita harus mendukungnya. Kalau ada kerabat Melayu yang menyimpang jangan segan-segan menegurnya,” tambahnya.  

Sementara itu ketua panitia kegiatan ini Hj Fatmawati, dalam sambutanya mengatakan kegiatan serupa juga pernah dilakukan di Tanjung Balai dan beberapa daerah lainnya.

"Kegiatan ini tidak cukup dilakukan sekali saja, kegiatan ini adalah ikon untuk menggencarkan dukungan kepada Eramas guna menjaga masyarakat untuk terus berpihak pada ermas. Karena itu kita harus bersemangat dan menyampaikan pesan ini berulang ulang seperti informasi iklan,’’ ujarnya kepada para hadirin. *