PALAS - Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Lawas, Zainuddin Hasibuan secara resmi menutup perkemahan Gladian Pinru dan Pinsa, Minggu (15/4/2018) di Ponpes Al Mutarriyah Sibuhuan. Kegiatan ini diikuti 200 peserta terdiri dari anggota pramuka penggalang dan penegak ditambah TC.

Zainuddin berpesan, ilmu yang diperoleh peserta selama mengikuti kegiatan dapat diaplikasikan di gugus depan masing-masing.

"Saya berharap agar peserta yang telah mengikuti gladian pinru dan pinsa menjadi garda terdepan sebagai anggota pramuka," pintanya.

Selain itu, kata dia, dalam waktu dekat ini, Kwarcab Palas akan melaksanakan agenda tahunan berupa perkemahaan Perimtaq untuk tingkat penggalang dan penegak.

"Kakak berharap, adik-adik mempersiapkan diri dalam kegiatan Perimtaq nantinya, dengan pembekalan diri yang dapat dibanggakan," harapnya kepada peserta sebelum membubarkan diri di akhir acara pinru dan pinsa.

Atas nama Kwarcab Pramuka Palas, Zainuddin mengucapkan terima kasih kepada Ponpes Al Mutarriyah yang membantu kegiatan dengan memberikan lokasi serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Sebelumnya, Waka Bina Muda Rusiyanto menjelaskan, gladian Pinru dan Pinsa ini adalah suatu orientasi kepramukaan dasar yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan latihan praktis kepada para pimpinan regu dan Satuan.

Rusiyanto mengimbau, peserta pinru dan pinsa yang telah selesai mengikuti berbagai kegiatan seperti penerapan pola kepemimpinan untuk pembinaan dan teknik kepramukaan, Persatuan Baris Berbaris (PBB) serta keterampilan kepramukaan.

"Dapat diimplementasikan dengan baik di masing-masing gudep,jadi tidak sampai di sini saja," pesannya.

Dalam kegiatan ini, setiap anggota pramuka penggalang dan penegak yang ikut gladian pinru dan pinsa, akan menerima sertifikat dari Kwarcab Pramuka Kabupaten Palas.