MEDAN - Warga Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia mengeluhkan kondisi infrastruktur drainase atau parit yang berada di daerahnya.

Keberadaan drainase dinilai warga sangat buruk dan banyak yang sudah tersumbat. Kondisi ini sudah berlangsung lama sehingga wilayah tersebut kerap menjadi langganan banjir.

Seperti dikeluhkan salah seorang warga mengaku bernama Kandar. Kata Jalan Subur I ini, mengeluhkan di daerahnya itu kerap menjadi langganan banjir khususnya pada saat musim hujan.

 
"Kita mendesak drainase segera dibenahi. Apalagi bila hujan datang banyak parit yang tidak mampu menampung datangnya hujan," keluhnya, Rabu (11/4/2018).

Menurut dia, masalah drainase dan banjir ini sudah sering menjadi keluhan warga dan telah beberapa kali dilaporkan ke aparatur pemerintah, namun hingga kini belum mendapat tanggapan. "Warga mengeluhkan respon dari pemerintah. Jangan sampai harus ada korban dulu baru diperbaiki," sebutnya.

Keluhan serupa dilontarkan warga Sarirejo lainnya, Rizal, yang menyatakan drainase di daerah itu sudah lama tidak berfungsi dengan baik. Hal ini membuat Kelurahan Sarirejo kerap kebanjiran bila hujan turun.

"Banjirnya sampai menggenangi rumah-rumah warga. Mohon perhatian pihak DPRD Medan dan Pemko Medan akan masalah ini," katanya.

Diutarakan dia, sistem saluran drainase di kelurahan itu buruk. Banyak parit yang tumpat akibat ditutupi sampah dan lumpur. Oleh karena itu, kerap kebanjiran jika hujan turun.

"Pemko Medan diminta supaya melakukan pengorekan/normalisasi parit. Kita harapkan segera ada solusi dari pemerintah untuk mengatasi masalah buruknya drainase ini," cetusnya.

Menanggapi keluhan warga ini, Wakil Ketua DPRD Kota Medan H Iswanda Ramli mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Karenanya dia memastikan akan segera menindaklanjutinya dengan menyampaikan keluhan warga tersebut kepada Pemko Medan agar segera dilakukan perbaikan drainase.

"Saya akan memperjuangkan perbaikan infrasruktur drainase di Kelurahan Sarirejo ini. Namun saya juga meminta kepada warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan khususnya di drainase, supaya penyumbatannya tidak semakin parah," kata politisi Partai Golkar Medan ini.

Selain drainase, masalah jalan, sampah, pelayanan publik dan lainnya juga mengemuka. Iswanda Ramli yang merupakan legislator dari Daerah Pemilihan II ini juga memastikan, akan menyampaikan seluruh permasalahan warga tersebut kepada Pemko Medan untuk segera diatasi.

"Saya akan mendesak Pemko Medan agar segera mengatasi permasalahan-permasalahan di Sari Rejo ini," tukasnya.