LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu tak kuasa menahan air matanya. Bahkan, ia tak kuasa memberikan kata sambutan saat menghadiri undangan pengurus dan peresmian Panti Asuhan Putri Siti Khadijah, Minggu (8/4/2018) di Jalan W.R Supratman, Rantauprapat. "Sebelum saya naik ke podium ini, dari tadi saya sudah terharu dan meneteskan air mata melihat anak-anak asuh panti asuhan ini. Saya sangat gembira dan bangga kepada pengurus Panti Asuhan Putri Khadijah ini yang telah gigih dan sabar dalam mendidik anak-anak kita di sini, sehingga mereka semua memiliki masa depan dan harapan yang lebih baik," ujar Pangonal.

Pada kesempatan itu, dengan penuh semangat, secara pribadi Pangonal membantu pengoperasian gedung baru itu sebesar Rp50 juta. Tentunya, gedung baru ini akan memerlukan berbagai kebutuhan seperti pengadaan meubelair (meja, kursi, lemari, papan tulis, dan lainnya).

Hal ini dilakukannya setelah menerima masukan dan harapan atas berbagai kendala dan keberhasilan yang sudah diraih oleh pengurus Panti Asuhan Siti Khadijah, utamanya dalam pemanfaatan gedung baru sebagai tempat mendidik dan membahagiakan anak-anak yatim piatu dan anak-anak kurang mampu sehingga dapat cerdas, terampil dan berahlak mulia.

Sebelum mamasuki rangkaian acara penekanan tombol sirine, pengguntingan pita dan peninjauan ruangan gedung baru, panitia melaksanakan Gerakan Amal Sholeh (GAS). Dari gerakan itu terhimpun dana sebesar Rp 83 juta dan termasuk di dalamnya Rp50 juta dari H.Pangonal Harahap dan Rp 1 Juta dari Hj.Siti Awal Siregar, selebihnya sumbangan dari donatur dan para kepala OPD yang berhadir.

Ketua Panitia Peresmian Gedung Baru Panti Asuhan Putri Khadijah, Hj.Yulidar beserta seluruh Pengurus mengucapkan terimakasih kepada Kepala Daerah Labuhanbatu yang telah meluangkan waktu untuk meresmikan gedung baru itu.

"Kami salut kepada Pak Bupati yang begitu cepat merespon dan mengamati secara langsung keadaan lingkungan panti asuhan ini," ungkapnya.

Disisi lain, Ketua PW Ausyiyah Sumut, Hj Elynita mengucapkan terimakasih dan sangat berbahagia dengan kehadiran H.Pangonal Harahap selaku Kepala Daerah Labuhanbatu karena Organisasi Aisyiyah itu adalah mitra kerja pemerintah dan mendukung program kerja pemerintah pudat utamanya di bidang kesejahteraan masyarakat dan kesehatan masyarakat seperti kegiatan Aisyiyah dalam mencegah dan berperan aktif dalam penanganan penyakit Tuberculosis (TB), baik di tingkat balita, anak-anak maupun dewasa dan pembangunan Rumah Sakit Aisyiyah di beberapa penjuru tanah air.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Labuhanbatu, H.Yursalim Nasution mengatakan, sedikitpun tidak meragukan lagi keimanan H.Pangonal Harahap selaku Bupati Labuhanbatu. Hal ini terlihat saat Sang Bupati itu turut berorasi dalam Aksi Bela Islam bersama ormas-ormas Islam beberapa waktu lalu di bundaran simpang enam Rantauprapat.

Sebagai seorang tokoh agama Islam dan tokoh Muhammadiyah di Labuhanbatu yang sejak muda sudah melanglang buana di organisasi islam di Nusantara ini, dirinya merasa salut dan hormat kepada Bupati Labuhanbatu yang terjun langsung berbaur dengan ormas-ormas Islam dalam membela Agama Islam di Labuhanbatu ini.