PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas merilis sebanyak 4.808 siswa Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari tingkat SMP dan MTs akan akan melaksanakan ujian yang berlangsung di 71 sekolah penyelenggara ujian tingkat SMP/MTs. Di lingkungan sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta, dilaksanakan 35 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 2.745 siswa. Sedangkan dijalur sekolah umum SMP Negeri dan Swasta, dilaksanakan di 36 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 2.063 siswa

Sementara, untuk tingkat SD/MI dilaksanakan di 192 sekolah, dengan jumlah peserta sebanyak 6.583 siswa. Untuk SD Negeri dan swasta di 180 sekolah, dengan jumlah peserta 6.218 siswa, sedangkan di lingkungan jajaran Kementerian Agama Madrasah Ibtidaiyah (MI), jumlah sekolah penyelenggara ujian sebanyak 12 sekolah dengan peserta 365 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Palas, Abdul Rahim Hasibuan melalui Kabid Dikdasmen, M. Rasyidi Hasibuan, Sabtu (7/4/2018) mengatakan, pihak sekolah yang melaksanakan ujian sistem UNBK ini telah menyiapkan sarana dan prasarana fasilitas perangkat komputer dan lainnya.

Rasyidi menegaskan, setiap sekolah sudah diwajibkan mempersiapkan peralatan sarana komputer untuk keperluan UNBK bagi siswanya, karena tidak ada lagi sekolah yang melaksankan ujian sistem UNKP.

"Penerapan sistem Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK) di tahun ajaran 2018 ini sudah diwajibkan bagi semua sekolah. Pihak sekolah harus sudah mempersiapkan diri menghadapi perubahaan sistem kemajuan teknologi dengan basis komputer, bukan mengunakan sistem manual lagi," sebutnya.

Tentunya, sambung Rasyidi, upaya mencapai perubahaan itu dibutuhkan kesiapan pihak sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan siswa dalam menghadapi ujian nasional.