PALAS - Raja Luat bersama tokoh masyarakat dan Ulama Luat Binanga Unte Rudang, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas, menyatakan dukungannya kepada Paslon No.2, H Ali Sutan Harahap (TSO) dan H Ahmad Zarnawi Pasaribu. “Ondo barangta (ini barang kita),” ujar Ketua Badan Pemangku Adat Barumun Tengah Sutan Baginda Natigor Hasibuan dalam pertemuan kampanye dialog cabup No.2 dengan ratusan warga dan sejumlah tokoh di Desa Unte Rudang, Kamis (5/4/2018).

Dalam pertemuan yang dihadiri unsur Dalihan Natilu itu, Sutan Natigor mengatakan, melanjutkan pondasi bangunan yang sudah terencana lebih baik dari pada melakukan perubahan yang belum tentu lebih baik.

Kemudian ditegaskan Sutan Natigor, Tongku Sutan Oloan (TSO) adalah satu satu calon bupati Palas yang merupakan putra Barteng.

Untuk itu, katanya, warga Barumun Tengah harus bisa menunjukkan dukungannya kepada putra daerahnya, seperti pilkada yang lalu.

Mewakili Anak Boru (Bayo Bayo Luat Binanga Unte Rudang) yang tampil bersama Anak Boru masing-masing Desa se Barumun Tengah, Baginda Guru Siregar mengatakan, tekad bulat kami untuk memenagkan kembali TSO-Zarnawi, sudah menyusun kekuatan bersatu dalam satu tujuan.

“Mari kita satukan arah, satukan niat dan satu tekad, hanya TSO pilihan kita,” ujar Guru Siregar.

Anggota DPRD Palas, Baharuddin Daulay dari partai pendukung PKPI bersama tokoh masyarakat mangatakan, TSO-Zarnawi merupakan pemimpin yang harus dipilih kembali, karena selama kepemimpinannya tetap merakyat dan menerima aspirasi masyarakat

Kata Baharuddin Daulay, TSO-Zarnawi dapat dibuktikan tidak pernah melakukan hal yang dilarang undang undang, maupun peraturan negara.

"Tetapi, menjalankan pembangunan daerah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dilaksanakan dengan baik," ucapnya.

Dikesempatan itu juga, H Sutan Humala dari Bagas Godang Desa Unte Rudang kembali mengharapkan agar warga Luat Binanga Unte Rudang kembali memenangkan TSO-Zarnawi.

Sutan Humala berjanji, bila pasangan tersebut menang kembali akan melaksanakan pesta syukuran dan mengupah upah TSO dengan Seekor kerbau terbesar yang ada di daerah itu, seperti yang telah dilaksanakan pada kemenangan pilkada yang lalu.

Di tempat yang sama, H Ali Sutan Harahap (TSO) mengaku, sangat terharu atas dukungan para familinya itu, seperti pada periode awal kepemimpinannya.

TSO berjanji, akan tetap memperhatikan pembangunan diwilayah itu dan terus melanjutkan Pembangunan Pondok pesanten plus yang sudah dimulai, sehingga pendidikan dibidang ilmu agama dapat ditingkatkan.

Turut menyampaikan sambutan dalam pertenuan itu, Ketua Pemangku Adat Palas, Sutan Parlindungan Hasibuan, Ketua Tim Sobar Barteng, Ketua Tim Sobar Kabupaten Palas Miftah Harahap

Pertemuan itu juga dihadiri ratusan kaum ibu dan sejumlah Ketua OKP Kecamatan dan anggota.