PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikdasbub) Kabupaten Padang Lawas melaksanakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) bersamaan dengan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Palas bagi siswa SD. Kegiatan perlombaan yang berlangsung di SDN 0505 Hutanopan, Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis(5/4/2018) tadi, diikuti 120 siswa pemenang tingkat kecamatan.

Perlombaan O2SN tingkat Kabupaten Palas diikuti 48 siswa, sedangkan untuk lomba FLS2N diikuti 72 siswa utusan dari 12 kecamatan se Palas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas, Abdul Rahim Hasibuan diwakili Kabid Dikdasmen, M. Rasyidi Hasibuan membuka kegiatan secara resmi.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menelusuri minat dan bakat siswa-siswi SD terhadap olahraga dan seni," terang Rasyidi.

Disamping itu, lanjutnya, tujuan lain dari O2SN dan FLS2N ini yakni sebagai persiapan dalam menghadapi O2SN dan FLS2N Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

"Pelaksanaan lomba Tingkat Provinsi Sumut akan diselenggarakan bulan Mei hingga Juli 2018 mendatang di Medan," ujarnya.

Dua bidang lomba yang dipertandingkan dalam O2SN SD tahun ini yaitu atletik dan bulutangkis. Sedangkan, untuk FLS2N terdapat 4 bidang lomba yaitu menyanyi tunggal (solo), seni tari, lomba pantomim dan lomba gambar bercerita.

Siswa yang meraih juara 1 masing-masing bidang lomba dipelaksanaan O2SN dan FLS2N SD Tingkat Kabupaten Palas tahun ini, akan menjadi utusan Dikdasbud di ajang pelombaan O2SN dan FLS2N SD tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinya.

Ia berharap, siswa yang telah berhasil sebagai juara kabupaten, dapat mempertahankan prestasinya dengan baik.

"Harapan kita, diajang lomba tingkat Provinsi nantinya, para siswa dapat meraih keberhasilan sebagai juara yang membanggakan masyarakat dan Pemda Palas," pungkasnya.