MEDAN - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, menegaskan bantuan usaha kecil yang menyasar kaum perempuan di Sumut akan diperluas. "Selama ini bantuan usaha untuk kaum perempuan dan ibu-ibu sudah berjalan seperti yang dilakukan PT Bank Sumut (bank daerah) atau lembaga keuangan lainnya di Sumut. Ke depan, ini harus diperluas, baik jangkauan, jumlah penerima bantuan dan juga jenis usaha yang dijalankan," ujarnya dalam Musyawarah Pimpinan Wilayah I Aisyiyah Sumut di Jalan Demak, Medan, Sabtu (31/3/2018).

Hadir di sana Ketua PW Aisyiyah Hj Elinita Koto, Sekretaris PW Muhammadiyah Irwansyah, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumut, Abdul Hakim Siagian, Sekretaris DPW PAN Sumut, Hendra Cipta dan pimpinan PD Aisyiyah kab/kota se Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, Ijeck yang dikenal sebagai pengusaha muslim yang sukses, diminta menjadi pembicara dengan tema Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dan Pilar Kemakmuran Bangsa.

"Selain modal usaha, masalah lain yang perlu ditangani adalah pendampingan dan pemasaran UMKM. Produk kita bagus, tapi pemasarannya juga maksimal," katanya.

Saat ini kata Ijeck, pelaku usaha kecil harus bisa lepas dari rentenir atau tengkulak. Konsolidasi pelaku usaha di daerah bisa juga dengan membentuk koperasi. Menurut Ijeck, berkumpulnya para pelaku usaha di koperasi akan membuat usaha semakin besar.

"Kalau sudah berkoperasi, maka semua pelaku usaha di dalam akan berstatus bankable. Jadi modal usaha bukan kendala, kita bisa sejahtera secara bersama," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ijeck juga menawarkan konsep pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga dengan memanfaatkan sumber daya dalam rumah tangga.

"Saya punya program pemanfaatan sampah kering yang bisa dibuat jadi barang jadi (bricket) . Ini bisa kita kembangkan. Apalagi Aisyiyah punya cabang dan anggota sampai ke desa-desa," ungkapnya.

Masnulhafni, dari PC Aisyiyah Pematangsiantar, menambahkan program yang ditawarkan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (ERAMAS), sangat dibutuhkan masyarakat Sumut.

"Kami berdoa dan pasti ikut berjuang memenangkan ERAMAS yang nomor 1," ujarnya.