JAYAPURA - Musim ini skuat Klub Persipura Jayapura banyak dihuni pemain muda. Hal ini sebagai imbas hengkangnya beberapa pilar pemain musim lalu.

Tapi Persipura tidak mendatangkan pemain dengan usia senior untuk menggantikan mereka yang pergi. Perekrutan pemain senior dari luar Papua hanya untuk pemain asing, plus dua kiper karena memang agak sulit mencari kiper asli Papua.

Tidak heran bila dalam skuat Persipura musim ini banyak terdapat nama pemain lokal yang masih asing di telinga para penggemar sepak bola nasional, terutama LIGA 1 2018.

Diego Aldair Werbabkay, Ronaldo Rubener Wanma, Patrick Alfredo Womsiwor, Gosner Papua Paskhalino Komboy Mnumumes, Marsel Alexander Kararbo, sampai David Kevin Wato Rumakiek, merupakan beberapa pemain muda yang masuk menjadi pilar Persipura musim ini.

Total ada sekitar 11 sampai 12 pemain muda dalam skuat Persipura, lebih dari 7 yang disyaratkan dalam regulasi kompetisi. 

Banyaknya pemain muda yang ada dalam skuat, membuat Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano alias BTM, angkat suara. Pria yang juga Walikota Jayapura itu meminta para pemain muda tidak perlu sungkan di dalam tim.

"Pemain muda jangan takut dengan senior, harus bersaing dengan seniornya, karena sudah diikat kontrak, jadi harus bersaing dengan pemain senior," kata BTM. 

"Saya sering sampaikan itu kepada semua pemain, terutama di pertandingan resmi kalau ada peluang mencetak gol, lakukan! Jangan takut dengan pemain senior," BTM, menambahkan.

Pada pekan pertama lalu, gol kemenangan Persipura atas Persela dicetak Ronaldo Wanma. Dia merupakan salah satu pilar Persipura U-19 musim lalu yang berhasil meraih gelar juara Liga 1 U-1. ***