MEDAN - Kopertis Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) sepertinya pesimis perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut dapat meraih akreditasi institusi A pada tahun ini. "Untuk tahun ini saya masih ragu bisa tercapai (PTS terakreditasi A), karena rata-rata baru 2 tahun masa akreditasi beberapa perguruan tinggi yang didorong untuk A. Sebab, masa berlaku akreditasi selama 5 tahun," ungkap Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto baru-baru ini.

Ia menyebutkan, untuk meraih akreditasi institusi A, berdasarkan pengalaman perguruan tinggi negeri paling tidak 30 persen program studinya (prodi) terakreditasi A.

"Prodi yang A di PTS Sumut masih sangat sedikit, kalau tidak salah ada 4 jumlahnya yaitu 2 prodi di UMA dan 2 lagi di UMSU," sebut guru besar Universitas Negeri Medan ini.

Kendati demikian, kata Prof Dian, pihaknya terus mendorong sejumlah PTS untuk meraih akreditasi institusi A. Sebab, hingga tahun ini tak satu pun PTS di Sumut meraih nilai unggul atau A.

"Beberapa PTS yang saat ini dimotivasi supaya meraih akreditasi unggul, antara lain UMSU, UMA, Universitas HKBP Nommensen dan Universitas Panca Budi," imbuhnya.