PALAS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas Unit Pembantu Dinas (UPT) melaksanakan seleksi Olimpiade Saint Nasional (OSN) Bidang Study IPA dan Matematika tingkat Sekolah Dasar (SD). Dari 72 siswa peserta uji kemampuan dari utusan Kecamatan, hanya 6 siswa yang berhasil lolos sebagai utusan Kabupaten Palas yang akan berlaga di OSN Tingkat Provinsi Sumut pada April mendatang di Medan.

Kabid Dikdasmen, Rasyidi Hssibuan mengatakan, pelaksanaan OSN tingkat Kabupaten Palas, dipusatkan di lokasi SDN 0105 Sibuhuan, Rabu (21/3/2018).

"OSN ini bertujuan untuk menelusuri minat dan bakat siswa terhadap bidang study yang berhubungan dengan sains. Seleksi OSN ini sebagai persiapan menghadapi OSN tingkat Provinsi Sumut untuk bidang study IPA dan Matematika," terangnya.

Kata Rasyidi, 72 peserta yang ikut seleksi merupakan utusan 6 siswa dari 12 kecamatan se Palas mewakili 3 siswa per bidang study IPA dan Matematika.

"Siswa yang telah berhasil menunjukan kemampuan kualitas dan kuantitas dapat mempertahankan prestasi dalam perlombaan OSN tingkat Provinsi nantinya, sehingga mengharumkan nama Kabupaten Palas," harapnya.

Hasil seleksi perlombaan OSN Kabupaten Palas tingkat SD untuk juara 1 bidang study IPA diraih Pinta Riskiyana Harahap siswa dari SDN 0119 Janji Lobi, Kecamatan Barumun, sedangkan di posisi ke 2 diraih Septi Yeni Nasution, siswa SDN 0803 Papaso, Kecamatan Batang Lubu Sutam dan juara 3 Arya Duta siswa SDN 0401 Pasar Ujungbatu, Kecamatan Sosa.

"Bidang study Matematika, juara 1 diraih Mhd Khairil Harahap, siswa SDN 0505 Hutanopan, Kecamatan Lubuk Barumun dan juara 2 diraih Rahmad Febriani, siswa SDN 0708 Aliaga II, Kecamatan Hutarajatinggi dan juara 3 diraih Armed Pujono Hasibuan, siswa SDN 0307 Siundol Jae, Kecamatan Sosopan," jelasnya.