MEDAN - Calon Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi, bersilaturahim dengan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Mandailing Natal di Ponpes Mustafawiyah Purba Baru, belum lama ini. Tiba di ponpes tersebut, Edi Rahmayadi pun disambut hangat KH Mahmudin Pasaribu dan pimpinan Ponpes Musthafawiyah H Mustafa Bakri Nasution. Di sela-sela silaturahim Edy Rahmayadi, menyatakan bahwa dirinya siap ikut serta membesarkan NU dan membutuhkan dukungan sekuatnya dari NU di Sumut.

"Peranan NU dalam pembangunan Sumut sangat dirasakan oleh masyarakat. Karena saya tahu betul pendiri NU di Sumut adalah salah satu tokoh dan pendiri Ponpes Musthafawiyah. Syekh Mustafa Husin membentuk NU di Padangsidimpuan pada tahun 1947," tukasnya, kemarin.

Edy Rahmayadi menambahkan, dirinya paham betul NU adalah tempat berkumpulnya para kiyai, dan ulama.

"Itu makanya, ada tanggung jawab moral saya untuk juga turut membesarkan NU di Sumut. Agar ulama dan umara bisa bersatu membangun umat, masyarakat dan daerah yang kita cintai ini," tukasnya.

Menanggapi ini, Ulama NU Mandailing Natal, KH Mahmudin Pasaribu, yang juga Rois Suriyah PW NU Sumut menyatakan bahwa sudah pantas NU ikut serta membesarkan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah. Apalagi keduanya akan melaju sebagai calon Gubsu dan Wagubsu 2018 - 2023.

"Agar nantinya NU di Sumut bisa lebih banyak membantu pemerintah provinsi Sumatera Utara dalam membangun daerah," tukasnya.

Sementara, Mustasar PWNU Sumut yang juga Pimpinan Ponpes Musthafawiyah, Syekh H.Mustafa Bakri Nasution menyampaikan bahwa Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah sebenarnya bukan orang baru bagi keluarga besar mereka.

"Karena kami sudah mengenal dekat dan sudah menjadi bagian keluarga besar kami," kata H Mustafa Bakri.