Medan - Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut, Iskandar ST menerima audiensi Pengurus Komunitas Solidaritas Tionghoa Indonesia (SETIA) se-Sumut yang dipimpin langsung oleh Ketua DPW SETIA Sumut, Tony Candra, baru-baru ini.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor DPW Partai NasDem Sumut, Jalan Mongonsidi Medan itu , delegasi SETIA pendukung Partai NasDem tersebut melaporkan progress pembentukan struktur SETIA, Kota Medan dan Pematang Siantar dengan jumlah kader 500 orang.

Tony Candra menyebutkan, target yang ingin dicapai bulan Mei 2018 sebanyak 3.000 kader. Saat ini kabupaten dan kota yang dalam progres pembentukan, di antaranya Tebingtinggi, Langkat, Binjai, Labuhanbatu, Asahan dan Deliserdang.

Dalam audiensi tersebut, Tony Candra didampingi Sekretaris DPW SETIA Sumut, Anderson King Junior, Ketua DPD SETIA Medan Hendrik Prabujaya Phan dan Ketua DPD SETIA Pematangsiantar Tjaw Kim dan seluruh pengurus kecamatan SETIA se-Kota Medan dan Pematangsiantar.

"Pembentukan komunitas SETIA yang merupakan simpatisan Partai NasDem merupakan wadah berkumpul bagi suku Tionghoa agar melek politik dengan cara yang benar dan tepat," kata Tony Candra, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima, Senin (12/3/2018).

Tony menjelaskan, SETIA mempunyai visi misi untuk meningkatkan minat suku Tionghoa agar berpartisipasi aktif dalam berpolitik selain aktif berorganisasi.

Anderson King Junior menambahkan, melalui komunitas SETIA pihaknya ingin menghasilkan kader NasDem dari suku Tionghoa yang mumpuni, baik sebagai pengurus Partai maupun caleg dan terlibat aktif dalam agenda politik Partai NasDem dan juga diharapkan mampu menghasilkan caleg-caleg dari suku Tionghoa Indonesia yang mumpuni untuk ikut serta dalam Pileg 2019.

Iskandar ST menyambut baik perekrutan kader SETIA didominasi oleh anak-anak muda. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda suku Tionghoa Indonesia tidak lagi gagap politik dan sekaligus menghapus stigma bawa anak muda apatis terhadap politik.

"Pendidikan politik itu penting bagi generasi muda karena merekalah yang akan mengisi wajah demokrasi Indonesia ke depan,"ucap Iskandar ST yang juga Ketua Dewan Pendiri SETIA ini

Menurut dia, anugerah kemerdekaan Indonesia memang tidak akan berarti ketika hanya diisi dengan kontribusi dari satu dua individu, kelompok atau golongan saja.Kemerdekaan akan memberi makna yang penuh arti manakala di dalamnya diisi oleh upaya kolektif berbagai elemen anak bangsa dari seluruh penjuru negeri.

"Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI, memang sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia, karena sebagai Warga Negara yang baik, kita harus ikut andil dalam membangun negeri ini", ujarnya.

Karenanya, sebut Iskandar, SETIA sebagai suatu wadah bagi suku Tionghoa Indonesia untuk berpolitik harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya agar mampu memberikan pengetahuan politik yang tepat dan benar kepada masyarakat.

"Karena SETIA merupakan simpatisan dari Partai NasDem maka seluruh kader SETIA seyogyanya melaksanakan arahan dari Partai yaitu mendukung Calon Kepala Daerah yang diusung Partai NasDem," tandasnya.