LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu, H.Pangonal Harahap menghadiri rapat Dewan Pengurus Tahun 2018 dan Apkasi Ministerial Forum dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kamis (8/3/2018) di Ballroom Apkasi di Jakarta. Acara yang dibuka Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi R.I, H.M NURDIN, dihadiri Bupati se-Indonesia.

Rapat Apkasi tersebut dipimpin Sekjen Apkasi Prof.Dr.Ir.H.M Nurdin Abdillah, Penasehat Khusus Apkasi Bapak Prof.Dr.H.M Ryaas Rasyid,P.hd dan Paparan akan disampaikan oleh Ketua Umum Apkasi Bapak Mardani H.Maming,SH,M.Sos.

Dijadwalkan acara dimaksud akan melaksanakan dialog antara peserta rapat dengan Menteri Desa PDTT/Dirjen PKTrans dan dilanjutkan Penandatanganan naskah kesepahaman antara apkasi dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Apkasi ini adalah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia yang merupakan wadah pemerintah kabupaten dalam meningkatkan peran otonomi daerah dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan kabupaten," ungkap Kabag Adm.Protokol Setdakab Labuhanbatu, Supardi Sitohang.

Tugas Apkasi ini, kata dia, antara lain memfasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai hakekat otonomi daerah.

"Sedangkan fungsinya adalah mitra strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, Memfasilitasi kerjasama antara daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi daerah," sebutnya.

Tak hanya itu saja, imbuh Supardi, Apkasi ini wadah untuk memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antara pemerintah daerah, mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapi ekonomi global dan sebagai wadah diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan serta kebijakan dibidang otonomi daerah (Otda).

"Mencermati peran dan fungsi Apkasi yang sangat strategis dimaksud, maka Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu selalu aktif mengikuti agenda apkasi untuk lebih mendorong peningkatan pembangunan daerah Labuhanbatu di segala bidang pembangunan," tandasnya.