Palas - Calon Bupati Petahana Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) dinobatkan sebagai anggota kehormatan IKAMA Tabagsel (Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan) IPB Bogor. 
 
Pemberian penghargaan sebagai anggota kehormatan IKAMA Tabagsel IPB, Bogor,itu diterimnya serangkaian dengan undangan alumni dan anggota Ikama Tabagsel dalam Musyawarah Nasional (Munas) IV dan Seminar Nasional pada rapat anggota tahunan KSPPS/KIS Alumni IPB Bogor asal Tabagsel di Hotel Pangrango dua Bogor kemarin 

Rangkaian seminar nasional ini menghadirkan tiga nara sumber yakni Prof Hermanto Siregar dari IPB, Prof Zainal Hasibuan dari UI.  Termasuk TSO sekaligus  mrnerima penghargaan, kehormatan anggota Alumni IPB Bogor asal Tabagsel 

Sedangkan topik yang dibahas dalam seminar itu,  meningkatkan peran serta Ikama Tabagsel dalam percepatan pembangunan Tabagsel menjadi motivasi dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Secara khusus, salah seorang Alumni IPB Bogor asal Tabagsel Marzuki Nasution ketika dihubungi menjelaskan, rasa bangganya dengan terobosan yang dilakukan  bupati Palas non aktif dalam memperjuangakan berdirinya Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) IPB Bogor di Kabupaten Palas.

"Suatu kehormatan bagi masyarakat Tabagsel terwujudnya PSDKU IPB Bogor di wilayah Sumatera Utara, karena hanya ada dua PSDKU IPB Bogor di Indonesia, termasuk salah satunya di Kabupaten Palas," tutur Marzuki.
 
Ia menambahkan, alumni IPB Bogor asal Tabagsel memberikan apresiasi kepada TSO karena telah berhasil menerobos berdirinya kampus IPB Bogor di Kabupaten Palas.
 
Selain itu, lanjut Marzuki, kesungguhan TSO meningkatkan pengembangan kualitas SDM putra-putri daerah Tabagsel, cukup serius sebagai salah satu solusi pengembangam pendidikan yang berkemajuan dan bermartabat.

"Saya juga telah mendapatkan informasi bahwa Pemkab Palas telah menyiapkan lahan seluas 20 hektar di daerah Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun yang dipersiapkan untuk rencana lahan pembangunan kampus IPB, tentu ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat wilayah Tabagsel," ujarnya.

Ditempat terpisah, H Ali Sutan Harahap(TSO)  ditemui dikediamannya Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan ,Rabu(7/3/2018) mengakui,  tidak pernah membayangkan akan dinobatkan sebagai anggota kehormatan alumni IPB Tabagsel. 
 
"Tujuan kita  adalah bagaimana masyarakat Palas itu bisa mengecap pendidikan tinggi negeri tanpa harus jauh-jauh kuliah di pulau jawa,” katanya.

Ia sangat berterima kasih, atas penghargaan yang diberikan alumni IPB Tabagsel terhadap  gagasannya pembukaan PSDKU IPB di Palas,hasil terobosannya  telah berjalan perkuliahaan di Kampus PSDKU IPB Bogor di Kabupaten Palas.