PALAS – Calon Bupati Petahana Kabupaten Padang Lawas, H.Ali Sutan Harahap yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) menghadiri undangan Alumni dan Anggota Ikama Tabagsel sebagai narasumber Munas IV dan Seminar Nasional pada rapat anggota tahunan KSPPS/KIS Alumni IPB Bogor asal Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel), di Hotel Pangrango 2 Bogor. Rangkaian seminar nasional ini menghadirkan tiga narasumber yakni Prof Hermanto Siregar dari IPB, Prof Zainal Hasibuan dari UI selanjutnya H Ali Sutan Harahap (TSO).

TSO sengaja diundang dalam seminar sebagai pembicara. Dengan tema bersama meningkatkan peran serta Ikama Tabgasel dalam percepatan pembangunan Tabagsel menjadi motivasi dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Panitia Munas, Rahmat Hidayat Harahap mengatakan, kegiatan Ikama Tabagsel ini dapat terus pendorong bagi kemajuan daerah dan memberikan manfaat bagi masyarakat daerah dan alumni IPB Bogor.

Secara khusus, salah seorang Alumni IPB Bogor asal Tabagsel Marzuki Nasution ketika dihubungi Selasa (6/3/2018) menjelaskan, rasa bangganya dengan terobosan yang dilakukan TSO dalam memperjuangakan berdirinya Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) IPB Bogor di Kabupaten Palas.

"Suatu kehormatan bagi masyarakat Tabagsel terwujudnya PSDKU IPB Bogor di wilayah Sumatera Utara, karena hanya ada dua PSDKU IPB Bogor di Indonesia ini termasuk salah satunya di Kabupaten Palas," tutur Marzuki.

Ia menambahkan, alumni IPB Bogor asal Tabagsel memberikan apresiasi kepada TSO karena telah berhasil menerobos berdirinya kampus IPB Bogor di Kabupaten Palas.

Selain itu, lanjut Marzuki, kesungguhan TSO meningkatkan pengembangan kualitas SDM putra-putri daerah Tabagsel, cukup serius sebagai salah satu solusi pengembangam pendidikan yang berkemajuan dan bermartabat.

Hal itu dibuktikan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kebutuhan mahasiswa IPB Bogor di kampus PSDKU Palas.

"Saya juga telah mendapatkan informasi bahwa Pemkab Palas telah menyiapkan lahan seluas 20 hektar di daerah Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun yang dipersiapkan untuk rencana lahan pembangunan kampus IPB, tentu ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat wilayah Tabagsel," ujarnya.