BIREUEN - Peristiwa unik terjadi di Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh. Seorang pria datang ke panitia seleksi PPS menggunakan pakaian pengantin dan fotonya tersebar di medsos. Akibatnya, postingan itu pun menjadi viral. Adalah Mustaqin, seorang calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Gampong Blang Cot Tunong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen yang berpakaian tersebut. Ia sebenarnya sedang melangsungkan pesta pernikahan, namun karena bertepatan dengan jadwal wawancara PPS, ia tetap hadir ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Kegiatan wawancara tersebut dilaksanakan, di kantor Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Selasa (6/3/2018). Foto hasil postingan di media sosial oleh anggota Komisioner KIP, pengantin pria ini mendapat pujian beragam.

Komisioner KIP Bireuen, Agusn Kepada GoAceh mengatakan, dirinya sempat tersentak, pasalnya yang bersangkutan tetap mengikuti tes wawancara dengan mengenakan pakaian adat perkawinan.

''Ini sebuah hal yang luar biasa dalam sejarah, apalagi Ia sedang melangsungkan acara pesta perkawinan. Sebaliknya , bila yang bersangkutan tidak ikut, maka secara otomatis dianggap Ia mengundurkan diri,'' jelasnya.

Kendati demikian, tambah Agusni, pihaknya tetap berbangga hati dan salut terhadap Muttaqin dengan kondisi seperti itu, ia siap mengikuti tahapan wawancara yang dilaksanakan bersamaan acara hajatannya.

Sementara itu, Muttaqin mengaku meski dengan kondisi sedang melaksakan kegiatan pesta, dirinya tak memiliki pilihan lain, kecuali tetap harus mengikuti jadwal wawancara PPS yang telah ditentukan oleh KIP.

''Memang hari ini saya sedang melangsungkan perkawinan. Tapi bersamaan juga saya harus mengikuti tes wawancara PPS,'' katanya sambil tersenyum. ***