PALAS - Tim Sobar pengusung paslon petahana TSO-Zarnawi menggelar turnamen balap sepeda mini cross bagi kalangan anak usia muda, remaja dan umum dengan memperebutkan tropi Ketua Tim Pemenangan Sobar Miftahuddin Harahap. Balap sepeda yang belangsung selama dua hari dimulai Sabtu sampai Minggu (4/3/2018) di lingkungan VI, Kelurahaan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas ini bertujuan pembinaan generasi muda.

Ketua Panitia Sandi Hasibuan mengatakan, lomba sepeda ini diikuti sebanyak 230 peserta dimulai dari tingkatan SD, SMP, SMA dan umum.

"Hari ini memasuki babak penyisihan bagi peserta lomba untuk memasuki babak final dan selanjutnya menentukan juara masing-masing kelas," kata Sandi.

Semua kelas yang diperlombakan, kata dia, diambil juara 1-3 untuk menerima tropi dan uang pembinaan dari Tim Sobar.

Menurutnya, perlombaan sepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat bebas dari polusi.

Olahraga ini, ujarnya, banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun hanya sekadar di pedesaan dan perkotaan saja.

"Dengan mempergunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin juga dapat disebut komuter. Melalui perlombaan ini kita budayakan kecintaan masyarakat menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari di daerah kabupaten Palas," pungkasnya.