PALAS - Kapolsek Barumun, Sudirman SH bersama anggotanya melakukan Safari Jumat di Masjid Khuldi Desa Pancaukan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas. Usai pelaksanaan Sholat Jumat, Kapolsek Barumun, Sudirman SH meminta waktu untuk menyampaikan imbauan dan pesan-pesan Kamtibmas kepada para jamaah supaya ikut berperan aktif dalam harkamtibmas menjaga di wilayah masing-masing mmenjelang dan sesudah Pilkada serentak tahun 2018, agar terjaga kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kapolsek juga menyampaikan pesan kamtibmas lainnya tentang kepatuhan keselamatan berlalu lintas, menjaga lingkungan dengan membentuk siskamling untuk mengantisipasi tindak pidana kejahatan. Sebab, kata Sudirman, saat ini tingkat pidana curanmor sangat tinggi.

"Agar terhindari dari pencurian sepeda motor, diharapkan tidak memarkir kenderaan disembarang tempat dan membiasakan kunci stang sepeda motor dengan posisi stang ke arah kanan," paparnya dihadapan masyrakat dalam pertemuan silaturrahmi, Jumat (2/3/2018).

Di sisi lain, Kapolsek juga menyinggung maraknya peredaran narkoba yang telah merambah sampai pelosok desa. Begitu juga dengan kenakalan remaja, pencurian serta masyarakat diharapkan tidak melakukan persekusi atau main hakim sendiri.

"Sebelum dan sesudah Pilkada agar masyarakat tidak mudah terprovokasi (dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan_. Mari kita rayakan (Pilkada) dengan suka cita, bukan dengan duka cita," jelasnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada para jemaah supaya meningkatkan kerukunan antar warga, sehingga tidak terjadi perseteruan dan terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Barumun uga berpesan, supaya masyarakat peduli terhadap lingkungan demi terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif.

'Mari kita bangun hubungan silaturahmi yang baik dalam menjaga kekondusifan di tengah masyarajat agar tidak terprovokasi dengan berbagai gesekan yang dapat memecah belah kekompakan sesama warga," pinta Kapolsek.

Kepala Desa Pancaukan, Syamsir Hasibuan mengapresiasi Polsek Barumun yang telah melakukan kegiatan pesan kamtimas.

"Harapan kita kegiatan safari jumat terus berlanjut secara berkesinambungan dalam mempererat silaturahmi," sebutnya.