PALAS - Getaran Gempa bumi tektonik terjadi di sekitar wilayah Kota Padangsidimpuan, juga menguncang Ibukota Sibuhuan, Kabupaten Palas, sebanyak dua kali dalam kurin waktu yang tidak terlalu lama, Kamis ,(1/3/2018) sekira pukul 10.00 WIB.
 
Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Medan Syahnan mengatakan gempa yang cukup kuat itu tersebut berkekuatan 5,7 skala Richter (SR), dan terjadi pada pukul 08:35:48 WIB.
 
Ia menambahkan, lokasi gempa terjadi di 76 kilometer barat daya Padangsidimpuan, Madina dan Sibubuan tepatnya di 0.99 lintang utara dan 98.70 bujur timur.
 
Gempa yang berkekuatan 5.7 SR Padangsidimpuan berkedalaman 87 Km dan hingga saat menurut data BMKG Gempa tersebut tidak menimbulkan Tsunami.
 
"Gempa dengan kedalaman 16 kilometer tersebut begitu terasa. Masyarakat di himbau jangan khawatir dan panik" katanya
 
Ditempat terpisah,Bonardon Nasution mengatakan,selama pagi ini ,sudah dua kali terjadinya goncangan gempa. "Hal ini,saya rasakan secara langsung,disaat mengendarai sepeda motor, terasa getaran yang cukup kuat dalam waktu beberapa detik,"ungkapnya
 
Ditambahkan Bonardon berharap,gonjangan gempa tidak berlanjut,karena masyarakat dihantui perasaan takut dan cemas,pungkasnya.