PALAS - Pjs Bupati Palas Armand Effendy Pohan resmi membuka rapat koordinasi teknis pembangunan desa yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Selasa (27/2/2018).


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti kepala desa dan Ketua BPD desa se Kabupaten Padang Lawas termasuk eks Barumun melingkupi Kecamatan Barumun, Kecamatan Ulu Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun, Kecamatan Barumun Selatan dan Kecamatan Sosopan.

Pjs.Bupati Padang Lawas, Muhammad Efendi Pohon dalam sambutannya mengatakan, dana desa hanya untuk kesejahteraan masyarakat, tidak harus pembangunan insfrastruktur saja, melainkan juga perlu membangun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa sesuai dengan komoditi masing masing desa.

"Desa tidak bisa seperti superman yang bisa apa saja. Maka bangunlah sesuai apa komoditi unggulan yang ada dan pembangunan dilaksanakan secara musyawarah dan berkoordinasi dengan kecamatan sebagai koordinator," katanya.

Di tempat yang sama, Kadis PMD Palas H.Hamza Nasution mengatakan, banyak pembangunan yang diajukan kepala desa tidak sesuai dengan hasil Musyawarah Desa (Musdes).

"Banyak kita menerima pengaduan dari masyarakat sehingga ke depan harus sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat berdasarkan hasil musdes," tegasnya.

Dalm kegiatan ini, ada beberapa narasumber yang ditunjuk untuk membrikan materi antara lain, Kadis PMD Palas, H. Hamza Nasution, Kabid Pembangunan dan Peningkatan Kapasitas, Mhd. Paisal Hamri Siregar, dan Tenaga Ahli (TAP3MD) Kabupaten Padang Lawas.