MEDAN - Provinsi Sumatera Utara siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 pada April 2018 mendatang. Bahkan venue-venue olahraga sudah siap untuk diverifikasi oleh tim penjaringan tuan rumah PON 2024 pada awal Maret 2018.

"Kita sudah siap untuk menghadapi biding PON 2024. Semua syarat untuk ikut biding sudah kita serahkan kepada tim penjaringan," ujar Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis, di Medan.

Pada PON 2024, Provinsi Sumatera Utara dan Aceh menjadi calon tuan rumah bersama. Dijelaskan John, verifikasi di Aceh akan berlangsung pada 5-7 Maret 2018, dilanjutkan di Sumut pada 8-10 Maret 2018.

"Sesuai dengan syaratnya, calon tuan rumah minimal memiliki kesiapan venue sekitar 30%. Untuk syarat ini, kita tidak memiliki masalah. Venue-venue yang kita miliki saat ini sudah lebih dari 30%," tambahnya.

Diungkapkannya, Sumut saat ini sudah memiliki 15 GOR yang berada di Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang hingga Asahan.

"Kalau jumlahnya sudah cukup. Hanya saja masih membutuhkan perbaikan. Tapi kalau kita terpilih, maka semua GOR itu akan dibenahi," sebutnya.

Selain venue, soal dukungan dari KONI provinsi se-Indonesia juga tidak ada masalah. Bahkan, pencalonan Sumut-Aceh sudah mendapat banyaj dukungan, yakni 25 KONI provinsi. "Kita sudah mendapat dukungan dari 25 KONI provinsi. Jumlah itu cukup banyak," sebutnya.

Dengan dukungan 25 KONI provinsi, membuat Sumut-Aceh memiliki peluang besar untuk menang biding. Asalkan semua KONI provinsi itu komitmen dengan dukungannya. "Untuk itu, kita berharap KONI provinsi lain sportif seperti semboyan olahraga," harapnya.

Keyakinan John semakin bertambah karena Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) juga terus mendukung penuh terhadap niat menjadi tuan rumah PON tersebut. "Pak Gubernur terus mendukung penuh. Beliau ingin Sumut terus maju," paparnya.

Dukungan itu membuat John semakin optimis Sumut-Aceh bisa memenangkan biding PON 2024 mendatang. "Sekarang kita sangat yakin. Sekarang merupakan kesempatan untuk mewujudkan tuan rumah PON bersama seperti yang diinginkan Menpora," ucapnya.

Jika menjadi tuan PON 2024, lanjutnya, Sumut-Aceh sudah sepakat pembagian 56 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Rinciannya 28 cabang olahraga digelar di Aceh dan 28 cabang olahraga di Sumut.

"Semua sudah sepakat, tidak ada masalah. Bahkan termasuk opening ceremony di Aceh dan closing ceremony di Sumut," imbuhnya.