PADANGSIDIMPUAN - Dua Jabatan setingkat Kasat yakni Reskrim dan Sabhara di jajaran Polres Padangsidimpuan resmi berganti. Serah terima jabatan (Sertijab) ke dua Kasat  ini dilaksanakan Senin (12/2/2018) sekira pukul 09.30 di lapangan Mapolres Padangsidimpuan dan dipimpin Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya. Diketahui, jabatan Kasat Reskrim semula diemban oleh AKP Zul Efendi yang sekarang Gadig 4 SPN Polda Sumut. Sementara, AKP Abdi Abdullah yang semula menjabat sebagai Kasat Sabhara, dipercayakan sebagai Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan. Sedangkan Kasat Sabhara di jabat oleh AKP Rudi Siregar yang semula bertugas sebagai Kasi Propam SPN Polda Sumut.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan surat keputusan (SKep) Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Water Paw nomor : KEP/39/SATU ROMAWI/2018 tentang pemberhentian dari dan jabatan dalam jajaran Polda Sumut, dilanjutkan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat, pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berkas serah terima jabatan dan pakta integritas.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya menegaskan, pergantian pejabat dan mutasi personel dilingkungan Polri merupakan hal yang wajar sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan dalam rangka regenerasi tuntutan organisasi guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok Polri.

"Saya secara pribadi selaku Kapolres Padangsidimpuan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada AKP Zul Efendi yang saat ini masih menjalani pengobatan di Medan yang telah melaksanakan tugas dan pengabdiannya selama ini yang dinilai telah berjalan dengan baik, semoga segala pengalaman yang telah diperoleh dapat dijadikan bekal berharga dalam menjalakan tugas yang baru nanti," ucap Hilman.

Kepada AKP Abdi Abdullah beserta istri, Kapolres mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Kasat Sabhara yang telah mengukir segudang prestasi.

"Saya mengucapkan selamat menjalankan tugas baru kepada Kasat Reskrim AKP Abdi Abdullah dan Kasat Sabhara AKP Rudi Siregar, ini merupakan kepercayaan dari pimpinan dan kehormatan yang diberikan Bangsa dan Negara sehingga harus disyukuri sebagai amanah dari Tuhan Yang Maha Esa," tutur Hilman.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 ini, Kapolres berharap agar jajarannya dapat menjaga situasi dan kondisi keamanan, kenyamanan di wilayah Kota Padangsidimpuan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak ini.

"Dan saya tekankan agar seluruh anggota personel Polres Padangsidimpuan jangan samapai terjebak dalam politik praktis," akhir Hilman.

Di akhir acara, pada santap siang, terlihat hadir, Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari, PLT Wali Kota Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan, pewakilan Kejari Padangsidimpuan Kasi Pidum Ahmad Harahap, seluruh Kasat, Kabag, Kanit dan jajaran personel Polres Padangsidimpuan, Kasat Pol PP Arbiuddin Harahap, perwakilan dari Lapas Salambue dan beberapa undangan lainnya.