MEDAN - Tiga pengusaha sukses yang menjadi pembicara dalam seminar nasional ke-9 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (Unpri), memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa untuk menjadi enterpreneur agar mampu menciptakan lapangan kerja, di gedung Selecta Ballroom Medan akhir pekan ini. Ketiga pengusaha sukses tersebut adalah Founder & CEO Allco Fomade yang juga seorang motivator muda Indonesia, Juan Utama Batubara. Kemudian Founder & CEO Simha Group, Haidhar Wurjanto yang memulai usaha sejak duduk di bangku SMA dan motivator ternama yang merupakan Co-Founder & Managing Director Makna Creative Lab, Keenan Pearce.

Founder & CEO Allco Fomade Juan Utama Batubara yang menjadi pembicara utama dalam seminar tersebut mengajak mahasiswa untuk menjadi wirausahawan saat masih duduk di bangku kuliah. Menurut pemuda yang merupakan Presiden BEM Unimed ini, karena lebih nikmat dan asyik bisa memiliki penghasilan sendiri, terlebih bisa membantu orang lain.

"Usia muda adalah masa sebaik-baiknya menjadi wirausaha. Kenapa, karena di usia muda akan lebih berani mengambil risiko dibandingkan yang sudah berumah tangga. Momentum kuliah adalah momentum sekali dalam seumur hidup dimana teman-teman mahasiswa bisa dijadikan peluang untuk menjadi konsumen yang akan membeli produk kita," ungkapnya.

Juan menceritakan bagaimana awal mula dirinya berbisnis jualan minyak rambut fomade. Meskipun sempat mendapatkan ejekan dan komentar yang menjatuhkan dari teman maupun keluarga sendiri, tetapi dirinya tetap maju terus dengan penuh keyakinannya dan strategi yang dijalankan.

Selanjutnya, pembicara kedua Founder & CEO Simha Group, Haidhar Wurjanto yang memulai usaha sejak duduk di bangku SMA, memberikan wawasan dan pengalamannya ketika mulai berusaha dengan menjual susu momo.

Diceritakan dia, suka duka dan peluang yang dirintisnya yang jatuh bangun namun tetap optimis dan yakin bisa. Hingga akhirnya, saat ini memiliki 4 usaha atau perusahaan yang tergabung dalam Simha group dengan mempekerjakan 350 karyawan.

Co-Founder & Managing Director Makna Creative Lab,  Keenan Pearce yang menjadi pembicara ketiga juga memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda yang kreatif. Keenan juga berbagi cerita pengalamannya dalam mengembangkan sayap di dunia bisnis yang menjadi passion-nya.

"Setelah sukses dengan proyek curated market bernama Euphoria Project yang digagas, kini sibuk menggarap proyek bernama Makna Creative. Bisnis ini merupakan industri kreatif yang mengembangkan ide untuk branding, aktivasi sosial media serta segala hal yang berkaitan dengan daya tarik visual. Atau, singkatnya bisa dibilang sebagai branding consultant," paparnya.

Sementara, Dekan FE Unpri Cut Fitri Rostina SE MM mengatakan,  seminar nasional tahun ini mengangkat tema Sociopreneurship In Global Society. Tujuannya antara lain untuk meningkatkan kepedulian tentang  pentingnya memiliki jiwa wirausaha di usia muda, memberi motivasi dan beberapa kiat untuk menjadi wirausaha muda yang kreatif dan energik.

"Selain itu, kegiatan ini juga untuk membuka wawasan dari pengalaman beberapa pemuda pengusaha sociopreneurship yang menjadi pembicara dalam seminar. Semua ini bertujuan untuk menciptakan social-impact yakni meningkatkan harkat dan taraf hidup masyarakat kelas menengah ke bawah," sebutnya.

Ia berharap, generasi muda khususnya mahasiswa FE Unpri tergerak dan ikut berperan aktif dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan baru dan menjadi seorang sociopreneurship yang sukses, kreatif, dan energik.