PALAS - Bupati Padang Lawas, H AlI Sutan Harahap (TSO) didampingi Ketua TPKK Palas Hj Yusra Ali Sutan, Senin (5/2/2018), meresmikan pemakaian 7 unit jembatan baru yang selesai dibangun tahun lalu. Peresmian jembatan dipusatkan di Jembatan Jembatan Aek Barumun Desa Sidongdong Kecamatan Barumun Tengah.

Acara persemian digelar dalam upacara adat, dihadiri para raja raja adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seribuan warga.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan pembanguna Jembatan Sidongdong merupakan pembangunan dengan biaya terbesar kedua setelah pembangunan Mesjid Raya Palas pada anggaran 2017.

"Dengan diresmikannya pemakaian jembatan itu, Desa Sidongdong tidak terisolasi lagi dan semoga pengangkutan hasil perkebunan dan pertanian dari wilayah itu semakin lancar," harapnya.

Selain jembatan Sidongdong, pihaknya juga meresmikan enam jembatan lagi yaitu Jembatan Aek Batang Taris di Desa Sialambue Kecamatan Barumun, Jembatan Aek Barumun di Desa Huristak Godang, Kecamatan Huristak, Jembatan Aek Sihappas Desa Silenjeng, Kecamatan Sihapas Barumun. Jembatan Siabu Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Barumun Selatan, Jembatan Aek Sosa Desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa dan Jembatan Aek Sosa Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa.

Tokoh Msyarakat Barumun Tengah, H Panangaran Siregar gelar H Tongku Imom mengatakan, Desa Sidongdong sudah ada sejak 100 tahun lalu, namun baru tahun ini dapat dilalui kenderaan roda empat.

Selama ini, kata Tongku, dari dan menuju desa itu hanya bisa dilalui kenderaan roda dua, karena jembatan yang ada hanya jembatan gantung dengan lebar 2 meter dusun sangat sulit dilewati apalagi orang yang sudah berumur lanjut.

Kadis Pekerjaan Umum Palas Harry Rizal Hasibuan didampingi Kabid Bina Marga, Fahruddin Harahap mengatakan, pembangunan ketujuh jembatan yang diremikan didanai APBD Palas. Jembatan Aek Barumun Desa Sidongdong dibangun dengan anggaran Rp 2,6 miliar, dibangun dalam 4 tahap yakni Rp 1,1 miliar tahun 2010, Rp 1 miliar tahun 2011, Rp 2,5 miliar tahun 2012 dan Rp 16 miliar tahun 2017.

Jembatan Aek Batang Taris di Kecamatan Barumun sebesar Rp 10 miliar tahun 2017, jembatan Aek Barumun di Desa Huristak Godang, Kecamatan Huristak sebesar Rp 9,5 miliar. Di mana Abudment dikerjakan pada masa Tapsel, kemudian dilanjutkan Pemkab Palas Dengan anggaran Rp 5 miliar tahun 2014 dan Rp 4,5 miliar tahun 2015.

Jembatan Aek Sihapas Desa Sihapas beranggaran Rp 7,9 miliar dibangun dalam dua tahap, yakni tahap pertama dengan anggaran Rp 6 miliar di tahun 2014 dan Rp 1,9 miliar di tahun 2016.

"Jembatan Aek Siabu Desa Sayur Mahincat dengan biaya sebesar Rp 7 miliar tahun 2015, jembatan Aek Sosa Desa Pasar Ujung Batu Rp 7 miliar tahun 2015 serta jembatan Aek Sosa Desa Ujung Padang Rp 5,6 miliar yang dibangun dalam dua tahap, tahap pertama Rp 4,6 miliar dan tahap dua sebesar Rp 1 miliar," tandasnya.