PALAS - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Padang Lawas mengikuti sosialisasi pengawasan Pilkada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati-Wakil Bupati Palas tahun 2018, Minggu (4/2/2018) di aula Hotel Syamsiah Sibuhuan. Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provsu Aulia Andri berharap, panwascam dapat menjalankan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur Sumut serta Bupati-Wakil Bupati Palas 2018 di seluruh pelosok kecamatan dan desa

"Kepada Panwasvam Kabupaten Palas dan jajaran vertikal untuk selalu melakukan pengawasan dengan baik serta melakukan penguatan kapasitas," terang Aulia

Panwascam, kata dia, memiliki tugas berat dalam melaksanakan tugas kewenangan dalam penerapan tugas pengawasan pemilu.

"Anggota panwascam harus banyak belajar dan memahami fungsi tugas yang diemban, hendaknya selalu berkonsultasi dengan Panwaslih Kabupaten Palas," pintanya kepada Ketua dan anggota Panwascam se Kabupaten Palas.

Ditegaskan Aulia, anggota panwascam harus serius bekerja sebagai sorang pengawas di kecamatan masing-masing.

"Banyak tugas wewenang yang harus Anda lalukan sesuai pasal 33 Nomor 10/2016," ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, Panwascam harus segera melakukan komunikasi dan konsolidasi kepada pemangku kepentingan di tingkat kecamatan, seperti Polsek, OKP dan pengurus partai politik tingkat kecamatan.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay mengungkapkan, panwascam tidak hanya melakukan tugas pengawasan saja, tetapi juga harus menciptakan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat.

Ia juga mengingatkan, tidaklah cukup melakukan pengawasan saja, karena peran aktif panwascam harus mampu menjalan tugas sesuai aturan dan ketentuan, sehingga pengawasan pemilu terlaksana secara integritas.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Komisioner Divisi Oragnisasom dan SDM Irham Habibi Harahap, Komisioner Hukum Penindakan dan Pelanggaran Ahmad Faisal Nasution serta staf sekretariat dan 60 personel Panwascam yang berasal dari 12 Kecamatan se-Palas.