MEDAN - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan kesempatan kepada tim-tim peserta Liga 1 2018 agar memperbaiki stadion yang akan digunakan sebagai kandang selama penyelenggaraan liga tetapi dilabeli tak layak oleh LIB.

Direktur Operasional PT LIB Tigor Shalomboboy menyebut, jika tidak atau klub tak sanggup merenovasi, tim harus segera mencari stadion baru. "Kami memberikan kesempatan untuk memperbaiki stadion sesuai tenggat waktu yang kami minta atau sesuai batas waktu yang ditetapkan klub itu sendiri. Kalau tak sanggup mereka harus pindah," ujar Tigor di Jakarta.

Dia melanjutkan, setiap tim yang stadionnya dalam masa pugar wajib pindah untuk ke stadion baru untuk sementara. Adapun beberapa klub yang berdasarkan hasil verifikasi IBL stadionnya dinyatakan tak layak untuk Liga 1 seperti PSMS (Stadion Teladan, Medan), PSIS (Stadion Moch Soebroto, Magelang) dan Perseru Serui (Stadion Marora, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua).

PT LIB sendiri sampai saat ini baru melakukan verifikasi terhadap 10 stadion tim Liga 1. Ini masih terus berlanjut, agar ketika Liga 1 dimulai pada 3 Maret 2018 semua tim sudah memiliki stadion kandang. Sementara salah satu tim yang stadionnya masih harus direnovasi, PSMS Medan, yakin Stadion Teladan bisa digunakan untuk Liga 1.

Sekretaris Umum PSMS Medan Julius Raja ketika dikonfirmasi mengenai keputusan tersebut, Kamis (1/2/2018) mengatakan, stadion Teladan hanya membutuhkan sedikit perbaikan supaya dinyatakan layak untuk Liga 1. "Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Kami yakin PSMS bisa main di Teladan," katanya.

Menurut Julius Raja, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan batas akhir renovasi Stadion Teladan 16 Februari 2018. “Mereka akan datang lagi melakukan verifikasi pada tanggal 16 Februari 2018. Ada beberapa item yang sekarang sedang dikebut direnovasi, mudah-mudahan dead line terkejar,” katanya.

Sejumlah item yang kini sedang direnovasi tersebut diantaranya, lapangan harus dikeraskan, lampu stadion, ruangan P3K penonton, ruangan pengawas pertandingan, tempat duduk wartawan tulis yang harus dilengkapi WIFI, ruangan doping, dan pers room. “Beberapa ruangan yang diperlukan sudah ada, tinggal dipasang AC dan perbaikan sedikit saja. Yang paling utama adalah pengerasan lapangan serta rumputnya,” katanya.

Namun jika renovasi tersebut tidak sesuai yang dijadwalkan, maka PSMS harus menyiapkan stadion alternatif. “Kami telah menyiapkan stadion alternatif Harapan Bangsa, Banda Aceh. Pihak PT LIB akan melakukan verifikasi Stadion Harapan Bangsa pada tanggal 26 Februari mendatang,” kata Julius Raja yang lebih akrab dipanggil King ini.