MEDAN - Calon tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Provinsi Sumatera Utara dan Aceh terus memantapkan persiapan jelang pelaksanaan April 2018 nanti.

Saat ini, tim pemenangan Sumut-Aceh sedang menggodok program yang akan dipresentasikan pada saat bidding. Mulai dari penentuan venue cabang olahraga (cabor) dan pembagian cabor.

"Kita sudah siapkan programnya, baik program pembagian cabor, penentuan venue-venue di mana kotanya, lagi digodok. Saat bidding nanti, ini sudah menjadi kumpulan program yang akan kita sampaikan kepada KONI Se-Indonesia,” jelas Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis.

Menurut John, kans untuk memenangkan bidding PON 2024 nanti sangat besar. Apalagi hingga kini Sumut-Aceh telah mendapat dukungan tertulis dari 25 KONI Provinsi se-Indonesia. Namun ia juga tidak ingin jumawa. Sebab, kondisi tentu bisa saja berubah saat bidding nanti.

"Setidaknya kita tetap apresiasi dukungan yang diberikan untuk memenangkan niat baik Sumut-Aceh menjadi tuan rumah bersama. Dan, kita berharap semua dukungan tertulis yang diberikan itu juga sama pada bidding nanti," tuturnya.

John mengklaim, dari semua calon tuan rumah, Sumut-Aceh yang paling siap. Seperti saat pendaftaran komponen perwakilan pemerintah kedua provinsi turut hadir seperti Wakil Gubsu didampingi Sekda Aceh serta pengurus KONI Sumut-Aceh.

“Mohon doa restu masyarakat Aceh dan Sumut. Kalo kita tuan rumah bersama, maka ini sekaligus pelajaran bagi bangsa ini, PON itu dilaksanakan di dua provinsi. Tentu ini jadi pelajaran bagi provinsi lain yang nantinya tidak mampu sendiri, maka akan mencari rekan dengan provinsi yang berbatasan,” tandasnya.