MEDAN - Setelah pelemahan IHSG pada perdagangan kemarin, hari ini IHSG berhasil rebound pada level 6.605 atau naik 30,13 basis poin. Level tertinggi IHSG saat ini berada pada  level 6.627,8 dan level terendah IHSG berada pada level 6.522,6. "IHSG berhasil bangkit ke zona hijau dan perdagangan saat ini terpantau stabil. Tercatat frekuensi IHSG sebanyak 414.529 Kali dan dengan nilai transaksi sebesar Rp.13.1 Triliun," kata Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi Sumut, Rabu (31/1/2018).

Pada perdagangan kemarin seluruh sektor saham mengalami pelemahan yang dalam sehingga mendorong pelemahan IHSG namun dengan penurunan harga saham kemarin justru membuat investor berbondong-bondong untuk membeli saham dengan harga yang murah pada perdagangan hari ini. seperti TLKM, PGAS, BBRI, JSMR, DOID, BBCA, dan lainnya.

Lain hal nya dengan bursa Wal Street, Indeks Dow Jones Industrial Average pada perdagangan kemarin melemah sebesar 1.37%, NYSE turun 1,1%, Nasdaq Composite turun 0,85%. Sedangkan bursa Asia ditutup bervariasi dimana Kuala Lumpur Stock Exchange ditutup melemah 0,1%, Hangseng menguat 0,6%, Philliphine Stock Exchange melemah 1,64% dan shanghai Composite melemah 0,2%.

Setelah penguatan dolar dalam beberapa hari terakhir, Dolar Amerika kini melemah terhadap hampir seluruh mata uang.

"Termasuk Indonesia. Nilai tukar Rupiah menguat menuju 60 poin. Tampaknya Rapat FOMC pertama di tahun 2018 ini tidak memberikan kekuatan bagi dolar Amerika Serikat untuk bertahan di zona hijaunya," tukasnya.