PEKANBARU - 24 Walikota se-Sumatera diagendakan bakal berkumpul di Kota Pekanbaru, Riau dalam acara Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Muskomwil I Apeksi) yang digelar 1 hingga 3 Februari 2018. Serangkaian agenda pun akan memeriahkan perhelatan tersebut. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer, Senin (29/1/2018) siang, dalam rapat paparan di kantor Walikota. Ada sederet agenda dalam Muskomwil I tersebut, mulai dari aspek budaya, lingkungan hingga pemerintahan serta pemilihan pengurus baru.

"Asa 24 kota (Walikota, red) yang sampai hari ini menyatakan ikut menghadiri kegiatan. Sejak tanggal 1 Februari itu sudah ada serangkaian agenda kegiatan, misalnya Gala dinner di rumah singgah Taun Kadi, penanaman pohon di komplek perkantoran Tenayan Raya yang dibawa dari daerah perwakilan masing-masing," lanjut Sekko.

Selain itu, digelar juga sidang Pleno guna memilih ketua, serta pengukuhan. Bagi para ibu-ibu, ada Ladies Program yang bertempat di Hotel Aryaduta, tempat acara puncak diselenggarakan. Lalu ada agenda City Tour bagi peserta, dengan mengunjungi sejumlah tempat di Pekanbaru.

Lebih meriahnya, pada hari terakhir tepatnya Sabtu (3/2/2018), digelar Pawai Budaya dengan rute start di Jalan Gajah Mada. Rutenya berlanjut memutar arah melewati bawah Fly Over Sudirman-Tuanku Tambusai, berlanjut ke Jalan Cut Nyak Dien sebagai titik finish.

"Pesertanya dari kota-kota yang hadir. Di sana juga ada City Expo. Kita juga beri kesempatan untuk UMKM memaparkan produk-produknya. Bagi masyarakat Pekanbaru bisa hadir dan melihat langsung, karena memang kita harapkan partisipasinya," lanjut M Noer.

Bahkan untuk agenda ini bakal meriah dan dihadiri banyak massa. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pekanbaru, Ardiansyah. "Pesertanya sangat antusias, kita perkirakan berjumlah lima sampai 15 ribu massa akan hadir, di mana Pekanbaru sebagai tuan rumahnya," singkatnya.

Segala persiapan sudah matang, bahkan Pemko Pekanbaru juga telah meninjau langsung tempat-tempat yang dijadikan lokasi serangkaian acara Muskomwil I Apeksi, dengan tema Kesiapan pemerintah daerah dalam rangka menjaga keberlanjutan program pembangunan daerah. ***