MenpanRB Minta Dana Pensiun Dikelola Bangun ASN City di Daerah

MenpanRB Minta Dana Pensiun Dikelola Bangun ASN City di Daerah
istimewa.
Minggu, 28 Januari 2018 16:43 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur, berharap dana pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) dikelola untuk kepentingan para pensiunan, tidak sekedar mengendap di Taspen.

Dia mengaku telah berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan mengenai rencana pengelolaan dana pensiun mengendap tersebut.

"Terakhir sudah kita rapatkan dengan menteri keuangan, jadi kita berharap sistem pengelolaan dana pensiun itu betul-betul manfaatnya untuk ASN," kata dia di Curug, Tangerang, Minggu (28/1).

Pengelolaan dana Pensiun yang ada di Taspen itu, lanjut Asman, tentunya dimanfaatkan untuk kepentingan ASN yang pensiun baik itu di pemerintah pusat dan daerah.

Ads
Bahkan, dirinya merencanakan dengan Taspen membangun perumahan seperti ASN City atau ASN Central di daerah-daerah.

"Kalau di daerah ada ASN Central, atau apa gitu, sehingga nanti diharapkan taspen yang mengelola dana pensiun juga mengarahkan investasi yang produktif dan menguntungkan juga untuk manfaatnya ASN yang menikmati," imbuhnya.

"Jadi dikelola yang manfaatnya mungkin harus dievaluasi sesuai dengan tujuan awal, nah manfaat ini yang akan kita ukur misal setiap ASN nanti dapat harga rumah subsidi khususnya di kawasan tertentu," terang Asman.

Dengan demikian, dana pensiun tersebut bisa berbentuk iuran yang dibagikan kepada para pensiun. Dia berharap, rencana itu bisa berjalan sebelum tahun 2018 ini dan Baru akan diterapkan kepada angkatan baru.

"Ini untuk angkatan baru kita terapkan, ada cut off-nya. Nanti kita lagi hitung apakah masa kerjanya 10 tahun atau 5 tahun. Mudah mudahan bisa kita putuskan sebelum 2018," tandasnya. ***
wwwwww