PALAS - Panwaslih Kabupaten Padang Lawas melakukan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) evaluasi pengawasan coklit dengan Panitia Pengawas Kecamatan, Sabtu (27/1/2018) di Aula Hotel Barumun. Ketua Panwaslih Palas, Abdul Rahman Daulay mengatakan, rakernis ini menjadi langkah awal bagi Panwascam dan PPL untuk melaksanakan kerja-kerja pengawasan dalam mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan di tingkat desa/kelurahan.

“Apalagi sekarang ini telah masuk tahapan pemutakhiran data atau Pencocokan dan Penelitian Data (Coklit) wajib pilih, maka tugas Panwascam dan PPL menjadi penting dalam mengawasi pelaksanaannya,” kata Abdul Rahman Daulay membuka rakernis.

Rahman mengingatkan, dalam melakukan pengawasan coklit data ini, Panwascam dan PPL harus tetap berkoordinasi dengan PPDP dan PPS, serta memastikan kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

Sebelum kegiatan rakernis, Ketua Panwaslih melantik salah seorang Panwascam Kecamatan Barumun Irma Suryati Lubis menggantikan Alm.Raja Omar Syarif Hasibuan yang meninggal dunia belum lama ini.

Bersamaan pelantikan Panwascam Barumun juga dilaksanakan pelantikan PPL Kelurahaan Pasar Sibuhuan Nelson Freddy Rambe menggantikan Hendra Riski Rangkuti yang berhenti.

Kegiatan dilanjutkan sosialisasi coklit dan evaluasi pengawasan dengan menghadirkan nara sumber Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay dan Komisioner Panwaslih Divisi Penindakan dan Pelanggaran Ahmad Faisal Nasution.