LUBUKPAKAM - Bakal calon Wakil Gubernur Sumut, Ance Selian menjenguk puluhan santri pondok pesantren Al Qomariyah yang mengalami keracunan makanan pada Jumat (26/1/2018) kemarin. “Saya datang menjenguk bukan karena saya mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur. Saya datang karena pondok pesantren Al-Qomariyah adalah pondok yang selalu saya datangin,” ujar Ance, Sabtu (27/1/2018).

Ance juga menambahkan, informasi diterima tadi subuh, dan langsung memutuskan untuk menjenguk sebelum berangkat ke Siantar.

“Saya kebetulan ada acara di Siantar, namun karena para santri keracunan, jadi saya memutuskan untuk datang dan menjenguk langsung, sebelum melanjutkan perjalanan,” tambahnya.

Beberapa santri sudah kembali ke rumah, tinggal empat santri yang masih menjalani perawatan insentif di ruang Seroja 1.3, RSU Deliserdang.

Ance juga meminta agar pihak rumah sakit lebih memerhatikan para santri yang masih menjalani perawatan insentif.

“Seharusnya pemerintah ada perhatian khusus mengenai makan-makanan murah yang membayakan masyarakat. Jika saya nantinya terpilih ini akan saya tindak tegas,” Ujar Ance saat di dalam ruangan Seroja.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Deliserdang mencatat sudah ada 45 santri pondok pesantren Al Qomariyah Desa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang yang menjadi korban keracunan massal pada Jumat, (26/1/2018).

Mereka diduga keracunan setelah mengonsumsi bakso kojek.

"Total ada 45 orang. Saat ini 37 orang sudah kita rawat di Puskesmas dan 8 orang sudah ditangani dan diinfus di pondok pesantren," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kesehatan Deliserdang, dr Ade Budi Krista.