PALAS - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Padang Lawas meminta jurnalis selalu mengedepankan indepedensi dan menjaga netralitas dalam menyajikan pemberitaan yang mencerdaskan masyarakat sekaitan Pilkada serentak Kabupaten Palas 2018. Hal itu disampaikan Ketua PWI Palas, Idaham Butar-Butar dalam pertemuan dengan seluruh pengurus dan anggota PWI Palas, Rabu (24/1/2017) di RM Minang Jaya Sibuhuan.

Pertemuan yang dihadiri jajaran pengurus PWI dan anggota setuju dengan sikap organisasi untuk mengedepankan netralitas dalam pemberitaan Pilkada.

Saat ini, di Perwakilan PWI Palas, tercatat ada 11 jurnalis dari berbagai media cetak harian yang tergabung dalam wadah keanggotaan di PWI.

“Pertemuan yang kita gelar bertujuan untuk menyatukan kebersaman sikap tentang pemberitaan Pilkada serentak tahun 2018 di Kabupaten Palas . Intinya, kita sepakati, PWI menjaga netralitas dan indepedensi sesuai kode etik jurnalis," tegas Ketua PWI Palas.

Sebagai organisasi profesi, PWI Palas siap mengawal proses pesta demokrasi untuk menghasilkan pemimpin yang bijak serta benar-benar berpihak pada rakyat.

Karena itu, seluruh anggota PWI Padang Lawas harus menjaga nama baik organisasi dan selalu mengedepankan kode etik dalam setiap pemberitaan.

Ditambahkan Sunardi, selaku Wakil Ketua kembali menegaskan peranan media dalam mensukseskan Pilkada Palas nantinya cukup besar. Terlebih-lebih ikut mengawal berbagai dugaan pelanggaran dan kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada nantinya.

"Khusus wartawan yang menjadi anggota PWI dan telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), tentu harus lebih profesional dan mampu menjaga nama baik organisasi PWI dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik," timpalnya.

Meski tidak semua wartawan itu anggota PWI, tetapi sesuai surat edaran Dewan Pers, jurnalis harus menjaga netralitas dan indepedensi.

"Kepada seluruh anggota PWI dan telah dinyatakan lulus mengikuti UKW, tentu lebih memahami profesi jurnalis yang profesional," tegasnya yang langsung diamini seluruh anggota PWI Perwakilan Palas.