PALAS - Bupati Padang Lawas secara simbolis menyerahkan 844 sertifikat kepada masyarakat melalui program reform agraria, Selasa (23/1/2018) di aula pendopo rumah dinas Bupati Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan. Acara penyerahan sertifikat itu dirangkaikan dengan kegiatan dialog dan penyuluhan sertifikat kepada masyarakat.

Kabag Tapem Setdakab Palas, Agussalim Nasution mengatakan, sertifikat yang diserahkan itu merupakan kerjasama dengan Badan Pertanahan Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2017.

Masyarakat penerima sertifikat berasal dari desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun sebanyak 375 sertifikat, Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun sebanyak 81 sertifikat.

"Kemudian desa Lubuk Bunut kecamatan Hutaraja Tinggi sebanyak 175 sertifikat dan desa Papaso kecamatan Batang Lubu Sutam sebanyak 213 sertifikat," jelasnya.

Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap (TSO) dalam sambutannya mengatakan, penyerahan sertifikat sejalan dengan target Presiden RI Joko Widodo melalui Badan Pertanahan Nasional Propinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia ada 126 juta bidang tanah yang harus disertifikatkan.

"Untuk Kabupaten Palas tahun 2017 ini, baru 844 sertifikat yang diserahkan kepada 4 desa," ungkapnya.

Untuk Tahun 2018, kata Bupati, masih ada pendataan inventarisasi supaya disampaikan ke Pemerintah Pusat melalui Gubernur Sumatera Utara, agar masyarakat Kabupaten Palas mempunyai sertifikat baik lahan perkebunan dan perumahan.

"Karena terjadi banyaknya konflik, antara masyarakat dengan masyarakat, pengusaha, dan Pemerintah, maka Presiden memerintahkan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, bahwa tahun 2018 sebanyak 5 juta sertifikat harus keluar," kata Bupati.

Selanjutnya, sambung dia, tahun 2019 sebanyak 7 juta, kemudian tahun depannya lagi sebanyak 9 juta sertifikat harus keluar.

Bupati yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan(TSO) berharap, target 7 ribu sertifikat yang teralisasi itu, tidak lagi terjadi konflik tanah di tingkat bawah, khususnya di daerah Kabupaten Palas.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tapanuli Selatan, Fachrul Husin Nasution mengapresiasi Pemkab Palas yang telah menjalin kerjasama dalam upaya mencapai target Presiden dari 126 juta bidang tanah yang harus disertifikatkan.